Ade Putra

Guru MTsN Dharmasraya. Prestasi adalah " Apa yang bisa kita lakukan, sementara orang lain tidak bisa melakukannya"...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peserta Didik Kurang Mampu Dan Guru Honorer Terima Zakat Dari Sekolah.

Peserta Didik Kurang Mampu Dan Guru Honorer Terima Zakat Dari Sekolah.

Peserta Didik Kurang Mampu Dan Guru Honorer Terima Zakat Dari Sekolah.

Oleh : Ade Putra,S.Pd

Kata kunci : Zakat, 30 Hari Jadi Manfaat dompetdhuafa.org

Setiap orang tentu mempunyai takdir yang berbeda-beda. Ada yang ditakdirkan dengan hidup berkecukupan ada pula yang ditakdirkan dengan hidup serba kekurangan. Begitu juga dengan keberuntungan, ada yang beruntung sudah menjadi PNS ada juga yang masih berstatus guru honorer. Semua itu skenario dari Allah, kita hanya bisa menjalannya dengan sabar dan ikhlas, berharap pahala yang berlipat ganda dikemudian hari.

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, bulan penuh keberkahan, oleh karena itu setiap orang berlomba-lomba agar mendapatkan pahala yang berlimpah. Menjalankan ibadah puasa, salat taraweh, membaca alquran dan sedekah adalah bagian menuju Ridha Allah SWT agar dilipatgandakan pahalanya. AlQur'an surat Al Baqarah ayat 185 : menjelaskan "Bulan Ramadan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelesan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa diantara kamu ada dibulan itu maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka wajib menggantinya, sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur."

Bulan ramadan semua umat muslim wajib membayar zakat. Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, Zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf). Manfaat kita membayar zakat agar memperoleh ketentraman hati, meningkatkan nilai keimanan, mensucikan harta yang kita miliki serta membantu orang lain, maka sebelum datang idul fitri kita semua wajib mengeluarkan zakat fitrah.

Dalam Al-Quran disebutkan, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah : 103).

Dalil ini diperkuat dengan riwayat bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Allah Swt. mewajibkan zakat pada harta orang-orang kaya dari kaum muslimin sejumlah yang dapat memberikan jaminan kepada orangorang miskin di kalangan mereka. Fakir miskin tidak akan menderita kelaparan dan kesulitan sandang pangan melainkan disebabkan perbuatan golongan orang kaya. Ingatlah bahwa Allah akan mengadili mereka secara tegas dan menyiksa mereka dengan azab yang pedih akibat perbuatannya itu.” (H.R. Thabrani).

Zakat dan Salat termasuk kedalam rukun islam. Hal ini dijelaskan dalam Al quran surat Al-Baqarah ayat 43 "Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama dengan orang-orang yang ruku.” Surat Al-Baqarah ayat 110 juga menjelaskan: "Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah : 110)

Alhamdulillah, dua tahun terakhir semua guru honorer di sekolah tempat saya mengajar mendapatkan zakat fitrah dari sekolah. Hal ini tentu gagasan dari kepala sekolah yang menyarankan kepada semua guru-guru termasuk pegawai tata usaha agar membayarkan zakat di sekolah minimal dua orang masing-masing keluarga. Zakat ini dikumpulkan kepada salah seorang guru yang telah dipercayakan sebagai Amil. Hasil dari pembayaran zakat fitrah ini, akan didonasikan kepada guru-guru yang masih status honorer. Hal ini tentu seperti seteguk air digurun pasir, walaupun guru honorer tidak mendapatkan THR dari pemerintah, tetapi mereka mendapat perhatian dari pihak sekolah. Setidaknya bisa meringankan beban mereka menjelang hari raya. Selain guru-guru honorer, pembagian zakat fitrah juga diberikan kepada peserta didik yang berhak untuk menerimanya, dengan cara meminta data kepada masing-masibg wali kelas. Sungguh berkah yang luar biasa bagi anak didik ditengah ekonomi orang tuanya yang kurang baik.

Pemberian zakat fitrah ini, diberikan pada saat acara penutupun pesantren ramadan atau hari terakhir sekolah. Semua peserta didik berkumpul dilapangan, dan satu persatu mereka dipanggil untuk maju kedepan guna mendapatkan zakat tersebut. Zakat fitrah ini diberikan langsung oleh kepala madrasah.

Semoga zakat fitrah dari kita untuk kita, bisa menginspirasi bagi sekolah-sekolah lain, untuk saling berbagi sesama, khususnya kepada guru-guru honorer beserta peserta didik yang kurang mampu.

dompetdhuafa.org

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post