Adi Suyatno

Nama Legkap : Adi Suyatno, S.Pd. Tempat/Tgl Lahir : Banyumas, 3 Nopember 1966 Tempat Kerja : SMP Negeri 1 Lumbir Is...

Selengkapnya
Navigasi Web

PENULISAN BUKU BANYUMAS

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Peluang Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw bagi Kelas IX F SMP Negeri 1 Lumbir Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018

Oleh : Adi Suyatno

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lumbir, bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajaran Matematika. Sedangkan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Lumbir semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas IX F di SMP Negeri 1 Lumbir dengan model pembelajaran Tipe Jigsaw. Pelaksanaan penelitian melibatkan guru Matematika yang lain sebagai kolaborator. Melalui data yang ada dan refleksi awal, prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi dalam setiap siklus. Data yang diperoleh melalui observasi (pengamatan), angket, wawancara, dokumen serta tes.

Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian adalah pada siklus 1 dan siklus 2, peneliti melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pada siklus 1 dilaksanakan dengan menggunakan diskusi kelompok besar, sedangkan pada siklus 2 dilaksanakan menggunakan diskusi kelompok kecil.

Setelah diadakan tes hasil peningkatan prestasi belajar ditunjukan dengan peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar secara klasikal naik. Nilai rata-rata pada kondisi awal 73,79, pada siklus 1 naik menjadi 77,32, dan pada siklus 2 naik menjadi 92,21. Sedangkan nilai terendah pada kondisi awal 45, pada siklus 1 naik menjadi 50, dan pada siklus 2 mencapai 60. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal 35,29 %, pada siklus 1 naik menjadi 58,82 % dan pada siklus 2 menjadi 91,18 %. Kesimpulan “ dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada materi Peluang bagi siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Lumbir semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 “.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Diskusi, Aktivitas dan hasil belajar Matematika.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tetap semangat

02 Feb
Balas



search

New Post