Admini

Admini ,lahir di Kabupaten 50 Kota .Provinsi Sumatera Barat.Diangkat sebagai guru di SMAN I Aikmel.Kab.Lombok Timur tahun 1993, tahun 2001 pindah tugas atas per...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nasehat Sang Bunda

Ananda Devri yang ibu sayangi,2 Oktober2020 genap sudah usia mu 26 tahun 10 bulan.Hari ini pula Ibu antar DEV untuk menaiki jenjang kehidupan baru,yaitu berumah tangga.Artinya,ibu iklhlaskan ananda untuk hidup mandiri,guna menata masa depan bersama wanita pilihanmu.Berarti tugas ibu sudah lengkap.Ibu sudah berikan bekal yang cukup untuk mu.Ibu berikan pendidikan agama,mulai dari mengajarkan bagaimana kewajibanmu mendirikan solat lima waktu sehari semalam,membaca iqrak untuk mempelajari Alqur,an hingga engkau bisa membaca dan mengamalkan Alqur,an.Ibu ajarkan bagaimana menjalankan sariat agama islam,Ibu didik untuk mencapai pendidikan formal mulai dari TK,SD.SMP,SMA,dan Perguruan tinggi hingga mencapai tingkat Sarjana ,bahkan melamjutkan ketingkat yang lebih tiggi Ibu berharap agar Dev bisa mengamalkan semua ilmu yang telah didapat dan telah ibu tuntun dev untuk menggapainya.

Anakku,terkait dengan akan berumah tangga banyak hal yang harus ibu sampaikan kepadamu.Ibu yakin Dev sudah tahu tetapi ibu perlu menguatkan kepada ananda beberapa hal :

Pertama : Kebiasaan waktu mudamu anakku

Anakku ibu melihat masa mudamu cukup bahagia ,artinya tidak ada kesulitan yang berarti yang pernah Dev alami.Dimasa mudamu Mempunyai banyak teman,dan mereka semua akrab dengan Dev,dan mereka sudah seperti saudara sendiri,bahkan ibu juga merasakan mereka semua seperti anak ibu sendiri.Namun setelah berkeluarga itu semua akan berbeda,karena sejatinya teman kita juga menjadi teman istri kita.Tetapi kadang-kadang pertemanan ini bisa merusak rumah tangga kita nanti nya .Untuk itu ananda harus tahu batas yang mungkin bisa menimbulkan rasa tidak enak dihati istri nantinya.Pandai-pandailah dengan teman-teman kita.jaga hati istri agar tidak tersinggung ,apalagi sampai menumbuhkan rasa curiga atau pikiran negatif.Karena Dev juga akrab dengan beberapa teman wanita.

Kebiasaan diwaktu muda ananda selalu menyempatkan tidur di pagi hari ,untuk ini harus ananda tinggalkan.apalagi pagi hari istri akan berangkat bekerja,yang mungkin waktu berangkatnya tidak sama dengan kita.agar tidak ada kesenjangan didalam rumah tangga kita selalulah bangun pagi.Apalagi ananda akan tinggal dirumah mertua walaupun tidak selamanya,tetapi jangan sampai ada pencitraan tidak baik dari mertua terhadap kita.Kalau di Ranah minang ini minantu yang suka tidur pagi dikenal dengan urang sumando lapiak buruak.Artinya lapiak buruak itu adalah tikar, jelek,tentu tidak enak dibawa ke depan atau dikembangkan didepan tamu.Yang paling utama lagi ajaran agama islam melarang kita tidur dipagi hari,karena diwaktu pagilah kita memulai semua aktifitas untuk mencari rezki.Disaat pagilah pintu-pintu rezeki dibukan Allah.

Didalam berumah tangga Dev adalah pemimpin yang memegang kendali,akan dibawa kemana bahtera rumah tanggamu berlayar.Untuk itu jadilah pemimpin yang bijak sana dan bertakwa pada ALLah.Bawalah keluargamu menuju keluarga sakinah mawaddah warohmah

Didalam bergaul dengan keluarga istri ataupun masyarakat pakailah selalu ilmu padi nak,padi makin berisi makin tunduk.Artinya semakin tinggi ilmu semakin keperibadiannya menunjukkan orang yang rendah hati.Jauhkan diri dari sifat sombong.Tujuannya agar kita dapat seiya sekata dengan keluarga istri ataupun masyarakat sekitar.

Semoga nasehat ibu ini dapat menjadi bekal bagimu dalam menjalani kehidupan baru .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen tulisannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

04 Oct
Balas

Terimakasih pak, salam literasi kembali

04 Oct

Nasehat seorang ibu yang selalu menyejukkan hati, semoga langgeng dunia akhirat, salam sukses selalu Bunda

04 Oct
Balas

Aamin. Terimakasih bun

04 Oct



search

New Post