Admini

Admini ,lahir di Kabupaten 50 Kota .Provinsi Sumatera Barat.Diangkat sebagai guru di SMAN I Aikmel.Kab.Lombok Timur tahun 1993, tahun 2001 pindah tugas atas per...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tagur 5 Kiat Membangun Kedekatan Dengan Siswa Melalui PJJ

Kedekatan antara siswa dengan guru dimaksudkan dalam tulisan ini adalah kedekatan yang berpolainternalisasi,yaitu yang memberikan kebebasan kepada pihak-pihak terkait untuk saling mengisi dan memberi makna sebagai wahana pengembangan diri(Prayitno& Marjohan,2007:18) sehingga dalam hubungan ini tidak ada yang sia-sia.

Didalam pembelajaran jarak jauh membangun kedekatan dengan para siswa merupakan indikator keberhasilan pendidik didalam menjalankantugas profesionalnya.Karena apabila kedekatan antara siswa dengan guru terjalin dengan baik,maka siswa akan bersemangat didalam mencari dan mengembangkan dirinya sebagaimana pengaruh yang ditimbulkan dari kedekatan hubungan antara peserta didik dengan gurunya.Sebagai contoh seorang siswa bersemangat didalam belajar matematika karena gurunya selalu menanyakan .”coba kalian amati didalam hidupmu apa ada kegiatan yang tidak memakai ilmu matematika?Dengan pertanyaan tersebut semua siswa berfikir dan mendapat kesempatan memberikan jawaban.Setiap siswa yang memberikan jawaban sang guru selalu memberikan penghargaan.Sehinggaga siswa merasa dihargai.Ketika perasaan itu telah muncul didalam diri siswa,maka setiap kali berinteraksi dengan guru matematika ,siswa berani bertanya dan selalu mencari kesempatan untuk berdiskusi dengan sang guru.Inilah bentuk kedekatan yang mungkin terjadi.Tentunya dengan kedekatan seperti ini akan terjadi hubungan yang bermakna pada diri siswa dan guru.

Untuk membangun kedekatan dengan siswa melalui pembelajaran jarak jauh tentu tidak semudah yang kita bayangkan.Ada hal-hal yang perlu menjadi fokus dalam perencanaan pembelajaran jarak jauh.Yaitu situasi pendidikan yang dibuat atau media pembelajaran yang digunakan harus mampu setidaknya mendekati keberadaan guru bahkan bisa menggantikan .Hal-hal yang memungkinkan adanya kedekatan antara murid dan guru adalah : Adanya kedekatan psikologis siswa dengan isi media yang digunakan guru,adanya keterlibatan emosional siswa dengan isi,Adanya perubahan yang terjadi pada diri siswa baik dalam pengembangan diri ataupun dalam pemenuhan kebutuhan(Prayitno,Marjohan:2007.18).

Sehubungan dengan pentingnya membangun kedekatan dengan siswa ,maka seyogianya kita sebagai guru selalu belajar agar media yang kita gunakan dalam pembelajaran jarak jauh mampu membangun kedekatan dengan siswa.Pada masa pandemi banyak kesempatan yang dapat kita gunakan untuk belajar berbagai media.Misalnya belajar memilih buku pendukung yang sesuai,memilih dan menggunakan siaran radio,belajar membuat dan menggunakan vidio,VCD,menggunakan email,internet dan lain-lain.Semoga kita tidak pernah berhenti mencari ilmu yang bermamfaat sebagai modal untuk membangun kedekatan dengan siswa .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post