Admini

Admini ,lahir di Kabupaten 50 Kota .Provinsi Sumatera Barat.Diangkat sebagai guru di SMAN I Aikmel.Kab.Lombok Timur tahun 1993, tahun 2001 pindah tugas atas per...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan Menulis Hai ke 9 Pengaruh Pergaulan Terhadap Akhlak Anak

Pergaulan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang, Bergaul dengan orang baik-baik,cendrung menyebabkan seseorang berkepribadian baik. Sebaliknya bergaul dengan orang yang berkeperibadian buruk menyebabkan seseorang mengalami dampak yang buruk pula.Didalam Hadis Bukhari dan Muslim dalam buku Ensiklopedia Pengetahuan Alqur,an dan Hadis dinyatakan pemisahan antara teman baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi.Penjual minyak wangi bisa memberikan minyak wangi kepada temannya atau setidaknya bisa memberikan bau harumnya.Sebaliknya bergaul dengan pandai besi bisa menyebabkan seseorang terkena percikan apinya,atau terkena hawa panasnya atau setidaknya terkena bau asapnya..

Bagi orang tua penting sekali memberikan pengarahan dan pengawasan terhadap pergaulan anak-anak. Orang tualah yang berperan mau menjadikan anaknya seorang.yang beraklak baik atau berakhlak tidak baik,Orang tua harus senantiasa mengarahkan agar anak-anaknya memilih teman yang baik. Agar anak tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang kita harapkan. Teman baik didalam pandangan agama islam adalah teman yang baik agamanya atau teman yang shaleh atau beraklak mulia.Teman yang baik agamanya akan memberikan pengaruhnya kepada sahabat-sahabatnya untuk kebaikan hidup di dunia maupun untuk kehidupan akhirat.

Apabila anak-anak salah memilih teman bergaul. Anak bisa terjerumus kedalam jurang kemaksiatan dan kesesatan. Jika ini terjadi ibarat sebuah penyakit, Bibit penyakitnya sudah hidup dan berkembang biak didalam kehidupan anak, maka untuk menanganinya butuh pengorbanan yang besar,bahkan tidak bisa diobati sama sekali. Anak yang akhlaknya tidak baik cendrung mengajak temanya untuk berbuat sama seperti dirinya.

Apalagi pada era kemajuan teknologi sekarang,anak-anak bisa berteman dengan siapa saja. Maka peran orang tua dalam memantau teman pergaulan anak sangatt dibutuhkan. Orang tua harus jeli melihat perkembangan anak-anak mereka baik secara fisik atau mental,Bisa jadi perkembangan yang terjadi pada anak sebagai akibatl pergaulan dengan temanya.

Semoga kita para orang tua diberikan petunjuk oleh Yang Maha KuasaUntuk selalu menjaga pergaulan anak-anak untuk menjadi orang yang beraklak mulia..Aamin.

Padang Panjang

Admini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga anak2 kita dijauhkan dari pengaruh2 buruk....keren bu, salam santun

29 Aug
Balas

Amin. Terimakasih bun sudah baca

31 Aug

Semoga kita para orang tua diberikan petunjuk oleh Yang Maha KuasaUntuk selalu menjaga pergaulan anak-anak untuk menjadi orang yang beraklak mulia..Aamin.Keren Bun sukses selalu ya Bun. Salam kenal. Sudah saya folow.

17 Sep
Balas

Teman jadi salah satu ukuran akhlak seseorang...

14 Sep
Balas

Aamiin, Terima kasih nasehatnya bunda

21 Sep
Balas

Smg anak2 kita selalu berjln di jln yg baik....setuju dgn Bu Nurzaitun...berkwnlah penulis hebat.in Syaa Allah kejipratan ilmunya...sukses Bu Ad..

23 Sep
Balas

Amiin.. Kalau ingin melihat siapa dia, lihatlah siapa kawannya. Begitu pentingnya memilih kawan. Salam literasi.

30 Aug
Balas

Terimakasih bu Nur. Salam literasi

31 Aug

Berkawan dengan orang baik, akan berimbas baik pula. Berkawan dengan penjual minyak wangi, akan kecipratan wanginya. Jika kita berkawan dengan penulis hebat, pasti kecipratan hebatnya juga buk kan?. Salam literasi.

22 Sep
Balas



search

New Post