ADRIZAL

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KOSN = Sistim Kompetisi?

Hari ini, saya mengikuti rapat pembahasan agenda kegiatan sekolah tahun 2020 di kantor Korwil Kecamatan tempat saya bertugas, tepatnya Kantor Korwil Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Salah satu agenda pembahasannya adalah persiapan perlombaan olah raga tingkat SD. Sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ( O2SN ) tapi kini ada perubahan nomenklatur dengan nama Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional ( KOSN ). Sepertinya diksi olimpiade diganti dengan kompetisi. Lalu sayapun berusaha mencari tahu apa yang melatarbelakangi perubahan tersebut.

Dari berbagai literatur yang saya baca dalam dunia olahraga dikenal dua istilah sistim kompetisi.Sistem kompetisi itu sendiri adalah sistem pertandingan yang dipakai dalam suatu turnamen, biasanya olah raga, yang mempertemukan setiap peserta dengan peserta lainnya secara lengkap. Sebagai contoh, dalam suatu turnamen dengan delapan peserta, setiap peserta akan bertemu/bertanding dengan tujuh peserta lainnya.

Sistem kompetisi yang paling umum dipakai adalah sistem kompetisi penuh dan sistem setengah kompetisi. Dalam kompetisi penuh (bahasa Inggris: double round-robin), setiap peserta akan bertemu dengan peserta lainnya dua kali , biasanya satu pertemuan sebagai tuan rumah ("pertandingan kandang") dan satu pertemuan sebagai tamu ("pertandingan tandang"). Dalam sistem setengah kompetisi (round-robin), setiap peserta akan bertemu dengan semua peserta lainnya satu kali. Sistem kompetisi penuh dipakai dalam banyak kompetisi liga olah raga penting, seperti sepak bola dan bola basket. Sistem setengah kompetisi biasanya dipakai dalam suatu babak penyisihan suatu turnamen, yang sering kali dilanjutkan dengan sistem gugur.

Nah dari penjelasan tersebut saya berasumsi tentu dalam KOSN tidak ada kewajiban menjalankan Sistim Kompetisi hanya perubahan nama saja. Jika sistim kompetisi dipakai dalam KOSN kali ini tentu akan menyita banyak waktu dan materi yang tidak sedikit.

Allahu allam...!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post