amk affandi

Guru matematika di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Alamat rumah di Klaten....

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Coding

Belajar Coding

 

Dulu, saya pernah belajar pemrograman. Mulai basica, visual basic, Pascal. Tapi semua itu tak ada yang membekas sama sekali. Blank. Rumusannya seperti rentetan kode, yang setiap kode memiliki arti tersendiri. Saya tertarik mempelajari pemrograman, karena jenis-jenis program itu berdiri diatas logika. Ternyata, logika yang ada dalam bahasa pemrogram dengan matematika berbeda.

Coding adalah tentang menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Sementara itu, coder adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan coding, juga biasa disebut dengan programmer. Sebuah profesi yang sangat keren, bukan hanya di lingkungan Teknologi Informasi. Programer juga sebuah pekerjaan yang menjanjikan, kelak dikemudian hari.

Setelah dunia teknologi mengalami perkembangan, akhir-akhir ini muncul istilah coding. Ap aitu coding? Coding merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya. Kode yang dimaksud adalah perangkat pembangun suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang dipakai berfungsi memberikan perintah kepada komputer. Di antara bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia di antaranya Java, PHP, C, Visual Basic, Python, C++, JavaScript, C#, Objective-C dan ActionScript.

Semua aplikasi itu dibuat menggunakan bahasa komputer. Jadi komputer itu juga seperti manusia, memiliki berbagai jenis bahasa pemrograman. Sebenarnya komputer hanya mengetahui bilangan biner saja, yaitu 0 & 1 (bahasa mesin). Namun untuk memudahkan manusia membuat program di komputer maka perkembangan bahasa pemrograman pun mulai banyak dan beragam. Dari mulai bahasa mesin sampai ada bahasa pemrograman tingkat tinggi. Semakin tinggi bahasa pemrograman maka sintax yang digunakan akan semakin mendekati bahasa manusia.

Manfaat mempelajari coding antara lain : melatih ketelitian. Mengapa? Sebab dengan mempelajari coding, kita akan terlatih untuk memahami dan mengamati ratusan bahkan ribuan kode yang terdapat dalam suatu program. Coding juga sangat bermanfaat untuk melatih daya pikir. Dalam coding, kita berlatih untuk melihat logika membangun suatu algoritma. Coding bermanfaat mula  melatih otak dan nalar.

Untuk memulai belajar coding, terlebih bagi pemula seperti penulis, berikut langkah-langkah yang bisa dilalui, dengan mempelajari :

Mulai dari HTML HTML merupakan inti dari halaman web secara keseluruhan. Modal kamu untuk belajar HTML adalah familiar dengan penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Apabila serius untuk mempelajari HTML, silakan mengakses ragam referensi serta konsultasi dengan memakai jasa online secara mandiri.

Mempelajari CSS CSS dan PHP sangat berguna untuk memahami dan membuat tampilan website yang cantik, menarik dan dinamis, menyesuaikan kepentingan dan kebutuhan.

Belajar PHP Setelah familiar dengan HTML dan CSS, serta paham cara mengoperasikannya, maka lanjutkan pembelajaran kamu ke bidang Web Programming dengan PHP. Ini artinya, akan memulai pelajaran tentang bahasa pemrograman komputer. Dengan mempelajari PHP, berarti akan belajar mengatur alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL.

Pembelajaran dengan Animasi dengan JavaScript JavaScript merupakan satu golongan dengan PHP, yakni merupakan bahasa pemrograman murni. JavaScript akan membuat halaman web kamu tampil interaktif, serta membuat visual lebih artistik. Ia merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan konsep berbasis objek.

Itulah sekelumit, sebagai dasar untuk mempelajari coding. Akhirnya saya harus ketemu pemrograman lagi.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post