Agus Buchori

Saya guru paruh waktu disela sela tugas resminya sebagai arsiparis. Mengajar Seni dan Budaya serta Bahasa Jawa MTs M 02'dan SMAM 06 di Ponpes Karangasem Paciran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kemana Setelah SMA
SIswi Ponpes Karangasem Paciran

Kemana Setelah SMA

Sebentar lagi anak anak SMA akan merayakan kelulusan. Lulus dari status siswa dan bersiap siap menghadapi era menuju kedewasaan yaitu mahasiswa. Bagi sebagian siswa SMA tersebut mungkin ada yang tidak punya harapan untuk melanjutkan kuliah dan menjadi mahasiswa disebabkan karena tidak punya biaya atau memang merasa mentok untuk terus belajar. Namun, satu hal yang pasti adalah bagaimana menghadapi kehidupan selepas masa SMA.

Biasanya anak anak SMA yang hendak meneruskan belajarnya akan berlomba lomba untuk memasuki kampus-kampus ternama di negeri ini. Mereka kadang lupa akan potensi diri dan seringkali terjebak dalam idealisme sempit mereka. Jurusan yang mereka pilih kadang-kadang adalah jurusan yang tidak mereka kuasai hanya karena ingin mentereng dan mengandalkan proses untung-untungan dalam memasukinya. Inilah selama ini menjebak para siswa SMA tersebut ketika mereka harus memutuskan untuk memilih sebuah jurusan di universitas ternama tersebut.

Sasaran yang mereka incar kebanyakan adalah jurusan jurusan favorit pada perguruan tinggi tersebut yang tentunya membutuhkan tidak sekedar daftar dan isi formulir namun juga perlu persiapan dan passion pada bidang yang mereka incar tersebut. Seringkali mereka anak anak lulusan SMA ini tidak menyadari kemampuan dirinya dan bahkan merasa minder dengan kemampuannya yang tidak populer atau ngetren sehingga mereka tidak pernah memilih jurusan yang sesuai dengan passion jiwanya.

Ada banyak jalan untuk memasuki sebuah perguruan tinggi ternama. Tidak harus memilih jurusan favorit untuk bisa kuliah di tempat tersebut karena banyak jurusan yang mungkin bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan yang kita miliki dan kuasai. Satu hal yang pasti untuk menjadi mahasiswa ngetren atau populer bukanlah tergantung dari tempat kita menuntut ilmu atau jurusan yang kita pilih.

Banyak nama nama terkenal dan populer di tengah masyarakat yang bukan dari perguruan tinggi terkenal dan bahkan ada yang tidak lulus kuliah. Mereka adalah orang orang yang terkenal bukan lantaran nebeng nama dari universitas atau jurusan yang pernah ia tempuh. Mereka adalah orang orang yang ngetren dengan karya karya nyata yang menginspirasi banyak orang di sekelilingnya.

Tersedia banyak pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu di luar sana. Tidak usah demi sok gengsi harus mengorbankan minat dan bakat kita hanya karena ikut ikutan teman. Hanya kita yang tahu kemampuan kita berada di mana dan itulah dunia kita yang sesungguhnya. Misalnya bila kita memang mempunyai bakat dan minat yang besar di dunia menggambar mengapa tidak mencoba kuliah di Institut Seni. Kita bisa masuk ITB misalnya tidak harus melulu berkecimpung di bidang eksakta karena di ITB mempunyai Fakultas Seni Rupa dan Desain yang mempunyai sistem penerimaan khusus.

Mungkin ada yang suka hal lain yang mungkin tidak terlalu umum di masyarakat kita bisa mencari jurusan apakah yang berhubungan dengan hal tersebut. Dan mungkin itulah yang akan membuat kamu sukses siapa tahu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kadang juga mengikuti keinginan orang tua yaa...

01 Mar
Balas

bisa jadi.....

02 Mar



search

New Post