Agus Dwianto

Teacher, Writer, Trainer, Blogger | Contact us: [email protected] Owner www.SangPengajar.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Inilah Alasan Mengapa Guru Harus Melek IT

Inilah Alasan Mengapa Guru Harus Melek IT

Hari ini ada sesuatu yang istimewa. Mengapa disebut istimewa? Saya merasa berhasil membuktikan pentingnya setiap guru melek informasi teknologi (IT). Kebetulan ada tugas yang harus diselesaikan oleh kami, para pengurus MGMP, dalam waktu yang sangat mepet.

Kami mendapatkan tugas untuk melakukan pendataan rekan-rekan guru mata pelajaran IPA. Tugas ini tidak hanya diberikan kepada MGMP IPA. Semua MGMP mendapat tugas ini. Dalam waktu dua hari, setahu saya, data harus sudah masuk. Padahal ada banyak isian yang harus kami peroleh dari 382 rekan guru IPA.

Rekan-rekan pun melakukan rapat secara online melalui WA. Aplikasi ini kami pilih karena dirasa paling mudah digunakan. Sempat ada usulan agar kami segera bertemu (rapat offline) untuk membahas ini.

Saya pun mencoba memberikan solusi. Aplikasi form online dari Google saya ajukan sebagai solusi pendataan dalam waktu yang sangat mepet ini. Akhirnya solusi ini diterima.

Tanpa menunda-nunda, saya pun membuat form online yang dibutuhkan. Form ini saya buat hingga hampir jam 10 malam, mengingat banyaknya isian data yang harus diisi. Setelah form selesai dibuat saya pun membuat spreadsheet sebagai respon dari setiap data yang dikirim.

Tak mau form ini gagal, saya pun meminta rekan-rekan pengurus melakukan ujicoba. Hasilnya luar biasa. Semua data yang dibutuhkan bisa diperoleh tanpa repot. Kami pun sepakat mulai menyebarkan link form online agar dapat diakses dengan mudah.

Singkat cerita, dalam hitungan jam, sudah lebih dari 240 guru yang mengisi data. Ini adalah angka luar biasa. Kami tidak harus repot menginput data. Semua data sudah tersedia, kami tinggal merapikan.

Tak terbayang jika kami masih melakukan cara klasik, yaitu minta data secara manual lalu menginputnya. Bukankah energi dan waktu kita bakal tersita banyak?

Ini baru salah satu pemanfaatan IT yang sederhana. Tentu masih banyak alasan lain yang menjadikan kita harus melek IT. Sepertinya akan lebih tepat bila saya tulis di waktu selanjutnya.

Salam Literasi!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

luar biasa, formatnya sudah seperti penyelenggaraan even Nasional. Terimakasih pak, sangat memudahkan kami...

23 Feb
Balas

He he..bisa saja. Suwun, sudah berkenan mampir dan berikan komentar

24 Feb



search

New Post