Agus Parcox Setiawan

Agus Setiawan, S.Pd.,M.Pd seorang guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMPN 1 Juwana instagram : @agus_setiawan_parcox Youtube : Agus Parcox Setiawa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Penjas melalui Permainan Tradisional
Memasukkan permainan tradisional dalam pembelajaran??

Pembelajaran Penjas melalui Permainan Tradisional

Pendidikan jasmani di Sekolah Dasar pada hakikatnya mempunyai mempunyai arti, peran dan fungsi yang penting dalam upaya menciptakan suatu masyarakat yang sehat. Karena peserta didik di Sekolah Dasar adalah kelompok masyarakat yang tumbuh berkembang, ingin merasa gembira dalam bermain dam memiliki kerawanan yang memerlukan pembinaan dan bimbingan. Oleh karena itu pendidikan jasmani merupakan suatu wadah pembinaan yang sangat tepat (Soemitro, 1992:5)

Salah satu permasalahan kurang berkembangnya proses pembelajaran penjasorkes di sekolah adalah, terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia di sekolah, baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Selain itu model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa juga sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Permainan tradisional sudah mulai terkikis dan keberadaannya mulai ditinggalkan. peserta didik jaman sekarang lebih sibuk bermain dengan gadgetnya daripada pergi kelar rumah dan melakukan aktivitas olahraga dengan teman sebaya. Dalam tulisan kali ini kami menuangkan beberapa permainan tradisional ke dalam pembelajaran penjas. permainan yang kami munculkan antara lain permainan boynan, musang dan ayam, kucing dan tikus, bentengan, jongkokan, dan menjala ikan.

Permainan tradisional yang dimasukkan dalam pembelajaran penjas ternyata mampu membuat siswa aktif dalam bergerak. Permainan tradisional tersebut dapat di aplikasikan dalam kegiatan pemanasan atau dapat dimasukkan ke dalam materi sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang akan di capai.

Untuk selengkapnya dapat di simak dalam video di bawah. semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap saudaraku..

28 Apr
Balas

mantap saudaraku..

28 Apr
Balas



search

New Post