Agus Parcox Setiawan

Agus Setiawan, S.Pd.,M.Pd seorang guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMPN 1 Juwana instagram : @agus_setiawan_parcox Youtube : Agus Parcox Setiawa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pola Gerak Dominan, Apaan sih?

Pola Gerak Dominan, Apaan sih?

Pembelajaran penjas pada materi senam lantai yang kita lakukan di sekolah, tentunya berbeda sifatnya dengan pelatihan senam yang ada di klub. Pun berbeda dengan pendekatan dan perlakuan yang diberikan pada atlet kita yang sedang menjalani pemusatan latihan untuk prestasi.

Bapak ibu guru penjas pasti menemui siswa yang beraneka ragam. Ada yang antusias, ada yang biasa saja, ada yang ragu-ragu bahkan ada yang takut sampai menangis. Begitu pula yang saya alami. Bukan hanya pada usia sekolah dasar, namun pada usia sekolah menengah pertama, ada siswa yang gemetar dan bahkan menangis ketika berhadapan dengan matras (empuk).

Kita sadar bahwa dalam pendidikan jasmani, anak hadir bukan karena mereka ingin, tapi mereka harus berada disana. Disitulah tugas guru pendidikan jasmani yang memang harus sudah merubah pola pikir bahwa kita bukan sedang menghadapi anak-anak yang akan dipersiapkan lomba. Bukan sedang menghadapi anak-anak yang memiliki kemampuan gerak dasar yang sama.

Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, tentu perlu pendekatan pengajaran yang tepat. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran senam ini mengedepankan pada penguasaan pola gerak dominan. Pola gerak dominan merupakan pendekatan yang menekankan pembekalan pola gerak yang mendasari terkuasainya ketrampilan senam, karena itu perannya sangat dominan.

Macam-macam Pola Gerak Dominan dalam senam:

1. Landings (pendaratan)

2. Static position (posisi statis)

3. Locomotion (gerak berpindah)

4. Swings (ayunan)

5. Rotation (putaran)

6. Springs (tolakan)

7. flight and height (layangan dan ketinggian)

demikian uraian singkat tentang Pola Gerak Dominan, dibawah ini adalah salah satu contoh pembelajaran pola gerak dominan pada kelas 3 SD

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Lanjutkan...eksplor semua potensi yg ada padamu. Pasti bisa dan sukses selalu Mas Agus

30 Apr
Balas

Mantap Pak

30 Apr
Balas

saya mau bergerak yang tidak dominan mas bro...

29 Apr
Balas



search

New Post