Agus Pribadi

Guru IPA SMP Negeri 5 Mrebet Kab. Purbalingga. Mencoba berbagi tulisan sederhana. Semoga menginspirasi atau setidaknya menghibur......

Selengkapnya
Navigasi Web
Kiat Praktis Menulis Cerpen

Kiat Praktis Menulis Cerpen

Menulis cerpen bisa berasal dari pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, kejadian unik, dan dari hal lainnya. Berlimpah ruah materi yang dapat digunakan sebagai bahan atau ide menulis cerpen.

Hanya saja permasalahan bagi Penulis pemula biasanya ada pada :

1. Bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan ide untuk menulis cerpen?

2. Bagaimana cara menuliskannya?

3. Bagaimana cara mengatasi jika mengalami kebuntuan dalam menulis ?

Akan coba saya ulas satu persatu.

1. Ide menulis cerpen harus langsung ditangkap dengan cara menuliskannya menjadi sebuah cerpen sesegera mungkin. Jangan menunda-nunda menulis. Tuliskan ide yang sudah dipilih. Tuliskan saja semampu kita. Semakin banyak menulis, akan semakin terampil dan meningkatkan kemampuan menulis kita.

2. Cara menulisnya ya ditulis saja. Tulis saja sesuai dengan gaya menulis kita. Tulis sesuai kemampuan kita. Setiap orang memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi gaya menulisnya.

3. Kebuntuan menulis dapat dialami siapa saja, bukan hanya penulis pemula. Cara mengatasinya, diantaranya dengan banyak membaca buku, nonton film, dan mengamati lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat.

Banyumas, 29 Oktober 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siiip tipsnya pak... trimakasih..

29 Oct
Balas

Belum pernah sekalipun bikin cerpen, akan dicoba segera. Terima kasih tips nya .....

31 Oct
Balas

Sama sama, terimakasih sudah mampir..

30 Oct
Balas

Semoga bermanfaat, selamat menulis cerpen...

31 Oct
Balas



search

New Post