Agus Riyanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Selamat Hari Guru Nasional 2017

Selamat Hari Guru Nasional 2017

Tidak ada kegiatan istimewa bagi seorang guru di peringatan Hari Guru Nasional tahun ini, selain instropeksi dan refleksi atas peranannya sebagai guru itu sendiri. Merenungkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, apakah sudah terlaksana dengan baik atau belum?! Seorang guru perlu melakukan ini, sebagai perwujudan belajar sepanjang hayat. Hasil perenungan ini akan menjadi bahan menentukan langkah perbaikan ke arah yang baik dan semakin baik.

Guru sering kita artikan sebagai orang yang digugu lan ditiru (dipercaya dan diteladani). Guru harus berucap jujur dan berperilaku sesuai norma yang berlaku. Seorang guru dimanapun akan selalu menjadi tolok ukur baik atau buruk perilaku seseorang dalam masyarakat. Maka tidak heran jika seorang guru sering bahkan selalu menjadi ketua RT dilingkungan tempat tinggalnya.

Hubungan dengan anak didik, yang paling penting dari seorang guru yaitu menjadi teladan. Keteladanan ini dengan sendirinya akan berdampak terhadap perilaku anak didik-anak didik di kelasnya. Keteladanan ini sesuatu yang sulit untuk dilaksanakan, guru harus berusaha sekuat tenaga agar ucapan dan perilakunya bisa diteladani oleh anak didiknya. Seperti perkataan, satu keteladanan lebih berarti daripada seribu nasihat. Keteladanan inilah modal utama untuk membekali anak didik mewarisi nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Bagaimana mungkin anak didik akan datang ke sekolah tepat waktu, jika gurunya sering terlambat?

Bagaimana mungkin anak didik akan berkata jujur dan baik, jika gurunya sering berbohong, membentak, dan marah-marah?

Bagaimana mungkin anak didik akan antusias belajar, jika gurunya sering mengajar dengan berceramah saja?

Bagaimana mungkin anak didik akan giat belajar, jika gurunya tidak pernah mau belajar untuk menjadi guru yang kretif dan inovatif?

Bagaimana mungkin anak didik akan mendapat pengalaman belajar, jika guru selalu mendominasi kegiatan pembelajaran?

Bagaimana mungkin anak didik akan mendapatisnpirasi, jika gurunya seorang yang sama dengan lainnya yang berdiam diri pada zona nyamannya?

Mari guru, tahun ini kita putus rantai perilaku kita itu dan mulailah bangkit untuk menjadi teladan bagi anak didik di tempat mendidiknya masing-masing. Sadarlah guru, bahwa peranmu tak tergantikan oleh kecanggihan teknologi apapun sampai kapanpun. Sadarlah bahwa di pundakmu nasib dan kemajuan bangsaini diletakkan. Guru masa kinilah yang menjadi pencetak generasi emas tahun 2045.

Selamat Hari Guru Nasional, berusahalah dan menjadilah teladan bagi anak didik kita, agar mereka menjadi manusia yang cerdas dan beretika.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mariiiiii....guru is miracle di tangan dinginnya kelak akan lahir generasi penerus bangsa yg berilmu...berkarakter...hidup guru

24 Nov
Balas

aamiin..

24 Nov



search

New Post