Agus Salim

Anak pertama dari sepasang suami istri yang hidup di desa terpencil, desa Gunung Malang Kec. Suboh Kab. Situbondo, Jawa Timur. Menjadi guru sejak tahun 1989. Da...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEHADIRAN COVID-19  MENUNTUT GURU UNTUK KEMBALI BELAJAR - Tantangan hari ke-67

KEHADIRAN COVID-19 MENUNTUT GURU UNTUK KEMBALI BELAJAR - Tantangan hari ke-67

Lomba Menulis Media Guru Bulan Juli 2020

Oleh : Agus Salim, S.Pd.

SMPN 1 Jatirejo Kab. Mojokerto Prov. Jawa Timur

Sejak tanggal 16 Maret 2020, pemerintan Indonesia menginstruksikan kegiatan belajar anak sekolah dilakukan di rumah Dampak terhadap pendidikan yang paling terlihat dari kebijakan tersebut adalah perubahan pelaksanaan pembelajaran. Semula dilakukan secara tatap muka, sejak anak didik belajar dari rumah pembelajaran dilangsungkan secara online, yakni dengan memanfaatkan fasilitas internet.

Kondisi di atas, tanpa disadari justru mendorong guru untuk menerus mengasah kebisaan dengan mengubah paradigma dan pola pikir terhadap keterlaksanaan pembelajaran. Artinya, bahwa jika ingin tetap bisa mengajar di masa pandemi ini, para guru pun harus siap belajar untuk bisa menyesuaikan dengan perubahan kondisi saat ini.

Dari pelaksanaan pembelajaran secara online beberapa waktu lalu, ada beberapa hal yang saya catat agar dapat melaksanakan pembelajaran secara online secara baik, antara lain sebegai berikut.

A. Memahami Karakter Materi Pembelajaran

Pemahaman terhadap karkater materi pelajaran yang akan disjaikan dalam pembalajaran sangat perlu dimiliki oleh guru. Karena hal tersebut terkaita dengan penggunaan media online yang akan digunakan. Juga terkait dengan kondisi masing-masing siswa. Misalanya, ketika mengajarkan unsur-unsur surat dan menulis surat ternyata tidak bisa dilaksanakan melalui wadah atau media yang sama. Karena karakter keduanya berbeda. Pengajaran unsur-unsur surat lebih bersifat informatif yang menyentuh ranah pengetahun. Sedang pembelajaran dengan materi menulis surat, guru mengantarkan siswa untuk mampu menulis surat. Artinya, bahwa materi menulis surat berhubungan dengan peningkatan keterampilan siswa.

B. Merancang Tugas Yang Sesuai Untuk Siswa

Di samping rancangan dan pemahaman materi pelajaran, Sebelum melaksanakan pembelajaran guru pun hendaknya menyiapkan tugas-tugas yang akan diberikan kepada siswa (tentu semua guru telah malakukan hal ini). Untuk saat ini, rancangan tugas yang dimaksudkan berkaitan dengan keseseuaian media online yang akan digunakan dan kondisi siswa baik secara geografis, ekonomi, maupun kemampuan masing-masing siswa. Ketidaktepatan merancang tugas untuk siswa tentu akan sangat berpengaruh terhadap ketercapain tujuan pembelajaran.

Ketika siswa diberi tugas membuat surat misalnya, awal-awal tidak sebegitu banyak siswa yang mengerjakan tugas. Tugas ini semula disampaikan melalui grup WA. Akhirnya teratasi ketika tugas diberikan menggunakan google form. Ternyata para siswa lebih cepat cepat dan lebih banyak menyelesaikan tugas tersebut.

C. Memilih Media Online

Di dunia maya ternyata sungguh banyak media online yang bisa digunakan untuk pembelajaran. Sebut saja, Admodo, Quipper School, Google Classroom, Ruang Guru. Quizizz dan masih banyak lagi. Tentu media-media tersebut tidak bisa begitu saja digunakan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Untuk memperoleh efesiensi dan efektifitas pembelajaran maka guru sebaiknya belajar untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media tersebut.

Berikut beberapa link media pembelajaran online yang bisa dipelajari dan bisa digunakan.

1. https://www.quipper.com/id/

2. https://www.edmodo.com/

3. https://ruangguru.com/login/student

4. https://academy.hubspot.com/

5. https://brainly.co.id/

6. https://www.duolingo.com/

7. https://quizizz.com/

8. https://indonesiamontessori.com/

9. https://belajar.kemdikbud.go.id/

10. https://www.kelaspintar.id/kelaspintar

D. Memantau Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran secara online tentu tetap perlu dipantau. Banyak hal yang mungkin bisa dilakukan guru. Misalnya bekerja sama dengan orang tua, membuat grup WA atau FB atau media lain (kelemahan cara ini akan menyita tenaga dan waktu guru) atau pun membuat jadwal pembelajaran. Bisa juga memanfaatkan media online yang memungkinkan guru dapat memprediksa aktivitas siswa dalam belajar. Pada quiper school dan edmodo fasilitas ini tersedia.

E. Melaksanakan Penilaian

Palaksanaan penilaian hasil belajar secara online bisa saja dilakukan dengan memberikan tugas melalui WA. Tapi kelemahan cara yang satu ini saya yakin guru sudah tahu. Maka perlu dilakukan dengancara lain. Lagi kita memanfaat media pembelajaran online yang memiliki fitur-fitur tertentu sehingga penilaian bisa dilaksanakan dengan efektif.

Efektifitas yang dimaksudkan berkaitan dengan kerahasiaan soal, sehingga perilaku sontek menyontek bisa dihindari. Penggunaan waktu secara tepat dan hasil penilaian yang objektif. Serta bagaimana guru dapat melakukan penilaian secara cepat dan tepat sehingga memiliki data hasil penilaian yang menyeluruh. Untuk mendapatkan efektivitas penilaian sesuai harapan, maka guru perlu terus mempelajari berbagai media pembelajaran sampai menemukan media online yang memadai.

Mojokerto, 5 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Swtuju pak...guru harus update akill teruus

05 Jul
Balas

setuju pak, guru harus belajar

05 Jul
Balas

Bener bener beber

05 Jul
Balas



search

New Post