Agus Salim

Anak pertama dari sepasang suami istri yang hidup di desa terpencil, desa Gunung Malang Kec. Suboh Kab. Situbondo, Jawa Timur. Menjadi guru sejak tahun 1989. Da...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENEMU KATA 'SENDAWA ATAU SERDAWA' - Tantangan hari ke-67

MENEMU KATA 'SENDAWA ATAU SERDAWA' - Tantangan hari ke-67

Dalam perbincangan keseharian kita lebih menggunakan kata-kata yang umum digunakan. Bahkan, sampai mengabaikan kebakuan kata-kata yang digunakan tersebut. Sebenarnya hal wajar ketika seseorang dalam berkomunikasi/perbincangan menggunakan kata-kata atau istilah-istilah yang jamak digunakan orang banyak. Karena tujuan akhir dari berkomunikasi/perbincangan adalah terjadi arus komunikasi secara mudah melalui kesepahaman antar pelaku komunikasi terhadap kata-kata atau istitlah-istilah yang digunakan.

Pun begitu, tidak salah kiranya kalau kita sebagai pemilik dan pengguna bahasa Indonesia yang baik mengetahui strata kata dalam kebakuan bahasa Indonesia. Salah satu indikator kebakuan kata dalam bahasa Indonesia adalah kesesuaian kata yang digunakan dengan kata yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dengan kata lain kita pun memperhatikan entri yang ada di dalam KBBI tersebut. Sebagai contoh, kala akan menyatakan bunyi yang keluar dari kerongkongan (biasanya apabila masuk angin atau karena kenyang, sesudah makan) maka sudah umum, kita menyebutnya “sendawa”. Benarkah kata “sendawa” memiliki makna sebagaimana yang dimaksudkan tadi? Di pihak lain ada juga kata “serdawa” tapi tidak umum digunakan. Lalu mana yang baku dan benar kita gunakan, “SENDAWA” atau “SERDAWA”? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perhatikan entri yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berikut ini.

Dari data entri pada Kamus Besar Bahasa Indonesia di atas terjawablah, bahwa kata baku untuk menyatakan bunyi yang keluar dari kerongkongan (biasanya apabila masuk angin atau karena kenyang, sesudah makan) adalah “SERDAWA” bukan “SENDAWA”.

SEMOGA BERMANFAAT

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mks infonya psk

05 Jul
Balas

Sama-sama Bunda..

05 Jul

Mksih informasi nya bun

06 Jul
Balas

Sip. Salam hangat, salam literasi, jabat erat selalu.

05 Jul
Balas

bermanfaat, Pak. Salam literasifollow balik ya, Pak. trims

05 Jul
Balas

Alhamdulillah. Siap...Bunda..

05 Jul

Duh...Maaf Pak Salah sebut. Siap Bapak...nanti saya follow balik...Salam sehat selalu

05 Jul



search

New Post