Agus Salim

Anak pertama dari sepasang suami istri yang hidup di desa terpencil, desa Gunung Malang Kec. Suboh Kab. Situbondo, Jawa Timur. Menjadi guru sejak tahun 1989. Da...

Selengkapnya
Navigasi Web
PHPI TAHUN INI DI KOTA TUA - Tantangan hari ke-58

PHPI TAHUN INI DI KOTA TUA - Tantangan hari ke-58

Hari puisi sedunia, atau World Poetry Day bertepatan dengan tanggal 21 Maret sebagaimana disahkan pertama kali pada 21 Maret 1999 oleh UNESCO. Tanggal itu berbeda dengan kebanyakan negara-negara Eropa yang punya hari puisi tiap 15 Oktober merujuk tanggal lahir penyair masa Romawi, Virgil.

Di Indonesia, dua tanggal itu kerap senyap oleh perayaan puisi. Maklum, Indonesia punya hari puisi sendiri. Tak hanya satu, tapi dua. Yakni tanggal 28 April dan 26 Juli, kedua mengacu pada tanggal yang berkaitan dengan Cahiril Anwar. Kita ikut yang mazhab yang mana selera kita masing. Tapi kalau berkenan memilih maka lebih kita peringati Hari Puisi Indonesia itu pada tanggal 26 Juli saja. Dengan pertimbangan bahwa kelahiran atau kehadiran Chairil Anwar memiliki kesesuaian peristiwa dengan kelahiran pembaruan di telatah perpuisian Indonesia.

Sejak dideklarasikan di Pekanbaru pada 22 November 2012, perayaan Hari Puisi Indonesia digelar untuk pertama kalinya tahun 2013, bertajuk Pekan Hari Puisi Indonesia, pada tanggal 25-29 Juli 2013 di Taman Ismail Marzuki. Selanjutnya pada tahun-tahun berikutnya Perayaan Hari Puisi Indonesia selalu dimeriahkan dan mendapatkan antusias tinggi dari berbagai kalangan di Indonesia. Puncak perayaan Hari Puisi Indonesia di tahun 2020 ini, direncanakan berlangsung pada tanggal 16-18 Oktober 2020 di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Pada akun media sosial resmi, Yayasan Hari Puisi Indonesia telah mempublikasikan maklumat sebagai tanda perayaan ke-8 Hari Puisi Indonesia 2020 akan segera dimulai. Puncak perayaan Hari Puisi Indonesia di tahun 2020 ini, direncanakan berlangsung pada tanggal 16-18 Oktober 2020 di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Salah satu mata acaranya, Pengumuman Pemenang Sayembara Buku Puisi Anugerah Hari Puisi Indonesia 2020. Tetapi, pada tanggal itu, tiada sesiapa pun yang tahu, apa yang bakal terjadi. Manusia berencana, Tuhan jualah yang menentukan! Oleh karena itu, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, sudah disiapkan pula Plan A, Plan B, Plan C, dan seterusnya yang memungkinkan program itu tetap berjalan dengan acara yang tetap meriah, bermarwah, bergengsi, dan reputasional.

Tema perayaan Hari Puisi Indonesia 2020, “Puisi yang memberi: Keberagaman dan Keindonesiaan.” Tarikh dimulainya sayembara buku puisi Anugerah Hari Puisi Indonesia 2020, bertepatan dengan Hari Puisi Indonesia, 26 Juli. Mengingat tanggal 26 Juli merupakan hari lahir penyair legendaris, Chairil Anwar, maka untuk memeriahkannya, Yayasan Hari Puisi mengundang para penyair atau siapa pun yang tertarik pada puisi untuk memperingatinya dengan berdoa bersama, baca puisi bersama para penyair Indonesia dari Sabang sampai Merauke, peluncuran dan diskusi buku puisi Berbisik pada Dunia, pesan puisi Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri dan doa puisi Abdul Hadi WM.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post