Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memulai Itu, Berat

Mungkin saya adalah sebagian kecil dari orang yang selalu sulit di tahap awal. Sifat bawaan yang terkadang minder, membuat selalu sulit untuk mengawali segala sesuatu. Hal ini terasa dalam interaksi dengan orang lain. Yah, walaupun sifat itu sedikit sudah mulai hilang. Akan tetapi pada saat-saat tertentu, hal itu datang tanpa diundang.

Gejala sulit ini muncul lagi kali ini. Terhentinya MGI untuk beberapa saat, ternyata menjadi penyebabnya. Rutinitias yang telah terbangun dalam bentuk istikomah dalam menulis menjadi terganggu. Ibarat pemain sepa bola yang tengah bermain, tiba-tiba lampu stadion mati untuk beberapa saat. Saat lampu kembali menyala, ternyata mereka kesulitan untuk memulai lagi. Bukan masalah skill yang muncul di sini, tetapi semua tekait dengan kondisi kejiwaan. Mood yang selama ini sudah tercipta, menyublim seketika. Alias hilang tanpa bekas.

Memang selain MGI ada platform penulisan yang lain. Tapi entah mengapa, beda rasanya. Tulisan yang biasanya muncul dari jemari dengan lancar, tersendat seketika. Lembaran ide yang bersliweran di otak, tidak mampu terwujudkan. Bukan masalah malas, tapi lagi-lagi sang mood dah terlanjur lenyap. Padahal ramuan dahsyat sebuah tulisan adalah jika ide dan mood berpadu dalam satu wadah. Hasilnya pasti jos gandos kotos-kotos.

Suasana yang saya alami, nampaknya tidak sendirian. Beberapa teman yang biasanya asyik berselancar di Samudra literasi MGI, nampak jug masih malu-malu. Mungkin mereka masih harus memanaskan mesin dulu, sambil memancing mood seperti yang saya lakukan. Barangkali dengan memulai dengan kecepatan rendah, pada gilirannya akan mencapai kecepatan seperti biasanya. Masalahnya, kalau langsung tancap gas dengan kecepatan penuh dengan kondisi mesin belum panas, saya yakin pasti amburadul hasilnya.

Tapi bagaimanapun juga, semua harus dimulai. Sesulit apa pun segala sesuatu hanya akan teratasi saat kita mulai melangkah.

Lembah Tidar, 22 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar sekali Pak De. Mood sangat menentukan menggerakkan jemari. Begitu juga dengan karya yang dihasilkan. Lho ternyata untuk para lelaki berlaku juga ya? Selama ini tahunya mood naik turun itu dialami oleh perempuan.

23 Mar
Balas

Keren Pakdhe... Sukses selalu

15 Apr
Balas

Mohon Izin nambah satu penggemar Pakdhe... ;)

15 Apr

Benar sekali mas. Setelah dilakukan ternyata bikin ketagihan. Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id untuk saling SKSS.

24 Jan
Balas

Walau berat, tetaplah semangat menulis, Pak. Karena tulisan Bapak sangat bermanfaat.

01 May
Balas

Suai Pak, saya follow ya. Ilmunya bernas

25 Apr
Balas

Semangat, Pak. Pasti bisa. Salam literasi.

19 Apr
Balas

Luar biasa keren ulasannya.. salam literasi.

10 Jul
Balas

Tetap semangat dalam berkarya ya Bapak Agus Siswanto, semoga dimudahkan dalam setiap langkahnya

25 Apr
Balas

Keren ulasannya pak. Salam literasi dan sehat selalu aamiin.

10 May
Balas

Bener pak, kehil as ngan MGI kemarin sangat terasa. Mood nulis jadi berkurang.

01 May
Balas

Benar pakde, namun semangat terus harus dipupuk

18 May
Balas

Cucok banget pakde, sll keren

11 Feb
Balas

Betul pak Agus, setuju. Pelan-pelan jalan asal bisa menjaga Istikomah, itu kalau saya.

22 Jan
Balas

He..he..sama dong.

22 Jan

Sama Pak...mood sangat berpengaruh sekali, kadang sudah banyak ide...tapi susah mengungkapkan nya...semoga mood Pak Agus selalu setia...temani kemana ajaaHehe..salam sukses Pak ..

18 Apr
Balas

Sama Pak...mood sangat berpengaruh sekali, kadang sudah banyak ide...tapi susah mengungkapkan nya...semoga mood Pak Agus selalu setia...temani kemana ajaaHehe..salam sukses Pak ..

18 Apr
Balas

Semangat literasi Pak

21 Apr
Balas

Benar pak de Agus . Aku pun demikian trimakasih atas segala dukungannya

05 Mar
Balas

Lha kok trs brenti lg nls nya mas bro? Ayooo nls lagii...he he

20 Apr
Balas

semangat dan sukses selalu pak. pantang menyerah untuk kita semua

02 May
Balas

Betul betul betul, tetap semangat bapak, salam sehat dan bahagia selalu

11 Feb
Balas

Wah.. masalah mood ya, Pak Dhe. Tetap semangat Pak Dhe. Ditunggu karyanya yang menawan.

25 Mar
Balas

Mantap ulasannya, sudah di follback pak.....

21 Mar
Balas

Ulasannya keren pak

23 Apr
Balas

Selalu keren tulisannya, sukses selalu Pak

09 May
Balas

Suip Bapakku tulisannya mantap..bergizi..setuju..ikuti alurnya n istiqomah..sehat n sukses sll nggih

17 Apr
Balas

Sui Pak Dhe, tetap semangat nggih, luar biasa jd penggerak, spion tuk anggota

12 May
Balas

Sama pak, saya juga kaya gitu. Salam litetasi. Izin follow ya pak.

16 Apr
Balas

Sangat setuju P.Dhe..mngkin saya juga ada di wadah itu dan itu saya rasakan tapi tergantung niat Pak ...pasti lambat laut kita akan bisa melawannya sedikit demi sedikit ..salam.literasi smoga sukses selalu

16 Apr
Balas

Tetap semangat pak

02 May
Balas

Keren dan mantap Pak ....dan itulah yg saya rasakan jg Pak ...trm ksh Pak ...sukses selalu buat Bapak.

25 Apr
Balas

Izin follow nggih Pak

25 Apr
Balas

Cocok, kehilangan MGI kemarin tu agak sedikit mengganggu irama dalam menulis

23 Apr
Balas

Ulasan yang keren Pak. Mungkin lkalu ditanya teman - teman jawabannya sama, kadang tidak mood, juga ide tidak muncul. Tetap semangat Pak. Salam lliterasi.

02 May
Balas

Saya bsngat itu Pak. Sukses selalu dan salam sehat

11 May
Balas

mantap keren cadas... ulasan keren menewen... salam literasi dari Banyumas

08 May
Balas



search

New Post