Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SKENARIO PEKAN LITERASI SEKOLAH  (84)

SKENARIO PEKAN LITERASI SEKOLAH (84)

Kolom:

SKENARIO PEKAN LITERASI SEKOLAH

Oleh: Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Pascapandemi melanda Indonesia, minat belajar siswa mengalami penurunan. Belajar siswa di tangan orangtua dan guru memang beda. Guru memiliki ilmu basic profesi dengan dilandasi ilmu dedaktik-metodik dan memahami psikologi anak. 

Minat baca siswa perlu ditingkatkan melalui berbagai strategi. SMP Negeri 4 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri menerapkan Pekan Literasi Sekolah (PLS) mulai 24 sampai 29 Oktober 2022, bertepatan dengan peringatan Bulan Bahasa. 

Pekan Literasi Sekolah bertema "Siswa Hebat, Generasi Literat." Kegiatan PLS bertujuan: 1) Meningkatkan minat baca siswa, 2) Memberikan ajang untuk mengembangkan potensi dan kreativitas, 3) Melaksanakan lomba-lomba literasi, 4) Pameran karya siswa melalui mading.

PLS diisi kegiatan: 1) Gerakan baca dan pinjam buku di perpustakaan sekolah, 2) Pembuatan mading  kelas, 3) Membuat resume/ringkasan bacaan, 4) Lomba menulis puisi, geguritan, dan cerpen, 5) Lomba pidato dan baca puisi, 6) Layanan perpustakaan keliling (Bekerja sama dengan Kantor Arsip Daerah).

Dalam PLS guru aktif memberikan tugas kepada siswa, khususnya membaca buku dan meringkas isinya. Harapannya, membaca buku menjadi hobi (reading habit) dan pembiasaan positif siswa di sekolah dan di rumah. 

Kegiatan PLS juga diisi ceramah umum kepala sekolah dengan menampilkan contoh-contoh karya literasi dari kepala sekolah selaku penggerak literasi. Di akhir kegiatan, kepala sekolah akan memilih siswa tergiat di bidang literasi dengan membagikan penghargaan (reward) berupa buku-buku bacaan kepada siswa. 

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Generasi literat akan mampu bersaing menghadapi masa depan, karena saat menulis dengan hati akan tumbuh nalar kritis. Hasil karya dalam pekan literasi untuk kemanfaatan bersama sangat menginspirasi, setiap kata yang dibuat yang terus diasah akan menghasilkan karya-karya yang hebat, terus maju dan bergerak dalam literasi menuju Profil Pelajar Pancasila Bang Agus dan sukses selalu.

05 Oct
Balas

Mantap.... teruslah menggelorakan semangat berliterasi di sekolah.

05 Oct
Balas

Luar biasa Pak Agus Sumarno, literasi bukan hanya slogan semata tetapi diimplementasikan. Semoga membuka wawasan stakeholders sekolah.

05 Oct
Balas

Luar biasa Pak Agus Sumarno, literasi bukan hanya slogan semata tetapi diimplementasikan. Semoga membuka wawasan stakeholders sekolah.

05 Oct
Balas



search

New Post