Agus Sutisna

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KISAH DIBALIK PERIBAHASA “AIR SUSU DIBALAS DENGAN AIR TUBA”

Pada saat pembelajaran bahasa Indonesia dikelas IV, seorang guru sedang membahas arti peribahasa. Dibahaslah beberapa peribahasa, diantaraya peribahasa air susu dibalas dengan air tuba, oke.. guru tidak masalah menjelaskan arti pribahas ini karena sudah familiar sekali ditelinga baik itu anak-anak maupun masyarakat pada umumnya. Namun, ada anak yang kritis bertanya, “Ibu, kalau air susu kan aku sudah tau, nah kalau air tuba itu apa ya bu?” geliat si anak bertanya pada gurunya. Sang guru pun dengan seribu akalnya menjawab “oh itu, iya nanti akan ibu kasih tau artinya tapi kita selesaikan dulu ini dan kalian jawab dulu pertanyaan-pertanyaan dari soal berikut ini yaaa..” Dengan ekspresi kaget dan kebingungan diusia paruh baya seperti itu, sang guru pun sontak mencari tahu dengan bertanya kepada teman-temannya termasuk saya tentang arti kata yang ditanyakan oleh anak tersebut. Dan akhirnya bisa terjawab pertanyaan si anak tersebut berkat bantuan internet dengan cara browser ataupun mencari di kamus online. Bahwa arti dari air tuba dalam peribahasa tersebut adalah air racun hasil resapan dari akar pohon tuba yang digunakan untuk berburu dan biasanya untuk mencari dan membunuh ikan. Dengan langkah percaya dirinya sang guru pun melangkah kan kakinya kembali ke kelas sambil membawa catatan tentang makna dari air tuba tersebut. Maklum dengan seusia tersebut segala sesuatunya sering lupa katanya, maknya perlu dicatat. Sang guru pun mulai melanjutkan kembali pembahasan yang tertunda tersebut kepada murid-muridnya dikelas. Dijelaskan lah tentang makna tersebut didepan kelasnya dan ada beberapa anak yang cerdik mulai mancatat apa yang dijelaskan gurunya. Namun, kembali lagi ada anak yang kritis dengan penjelasan sang guru, “Ibu kalau pohon tuba itu seperti apa sih?.” Mungkin sudah tau kelanjutan ceritanya seperti apa tentang guru tersebut, jangankan beliau saya sendiri pun tidak tau pohon tuba itu seperti apa hehe.. apakah pembaca juga sama seperti saya ?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Anak zaman now kritis Yaa

09 Nov
Balas

Siswa kelas IV kan sudah mempelajari ungkapan, jadi Pak Guru tadi dapat menjelaskan bahwa air tuba itu adalah sebuah ungkapan dari sebuah keburukkan karena tadi sudah dipakai istilah racun. Racun itu kan menyakitkan. Sesuatu yang buruk. Jadi selain belajar pribahasa, siswapun sambil belajar ungkapan selain tentunya mereka sudah diperkenalkan pada pola bahasa pribahasa itu penuh ungkapan sebelumnya atau diawal sebelum mempelajari pribahasa.

09 Nov
Balas

Maaf bu itu bukan kisah saya.. kisah teman sejawat yg saya kisahkan he.. salam literasi

09 Nov



search

New Post