AGUS SUTONO

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SERVER,,, BERGERAK TANPA BATAS

SERVER,,, BERGERAK TANPA BATAS

SMKMUBBS - Dengan perkembangan jaman yang cepat menjadikan kita saat ini sudah hidup pada jaman 4.0. Satu era yang memaksa manusia untuk menggunakan dunia maya sebagai media untuk melakukan kegiatan apapun. Pendidikan, ekonomi, kependudukan, bisnis dan hampir semua bidang yang ada sekarang sudah menggunakan aplikasi. Smartphone seolah dijadikan tumpuan bagi semua kegiatan yang ada.

SMK MUHAMMADIYAH BOBOTSARI tetap tenang menghadapi era serba cepat ini. Mengadaptasi perubahan jaman mungkin itu kata yang tepat, dan sekolah sadar dengan perubahan ini. Mau tidak mau harus mengikuti jika tidak ingin tertinggal dengan jaman yang terus bergerak cepat. Disekolah tuntutan penggunaan teknologi hampir sudah merambah kesemua kegiatan. Informasi dari dinas, antar guru, guru dan siswa, bahkan pembelajaran di kelas sudah memanfaatkan dunia maya.

Tuntutan-tuntutan seperti ini membuat SMK MU BBS lima tahun silam melangkah mempersiapkan satu ruangan khusus untuk mengoperasikan server sekolah. Terletak di Gedung A dan di desain khusus sehingga keamanan server terjaga. Diruangan berukuran 2,5 x 5 meter dipasang ­Air Conditioner dengan kapasitas 0,5 PK membuat ruangan server selalu terkondisi dingin untuk menopang server yang bekerja duapuluh empat jam “on” nonstop. Jaringan speedy-pun dipesankan khusus dengan IP static sehingga jaringan selalu stabil.

Pembuatan soal PTS, PAS yang dapat guru upload dari mana saja karena menggunakan jaringan internet dirasakan sangat memudahkan guru karena tidak terbatas dengan ruang dan waktu. Demikian juga ketika guru mata pelajaran meng-upload nilai ulangan harian, tengah semester maupun akhir semester dapat dilakukan dari mana saja. Semua nilai yang sudah diunggah guru akan diolah oleh server dengan aplikasi yang sudah terinstal didalamnya menjadi nilai raport.

Server dengan hardisk berkapasitas besar dimanfaatkan juga sebagai tempat menyimpan semua data yang sudah terunggah. Ribuan soal dari semua mata pelajaran terkumpul dalam satu tempat menjadi bank soal. Nilai yang terunggah dari tahun ke tahun juga terarsip dengan baik dalam kumpulan file. Tentu saja maitenence selalu dilakukan untuk menjaga server yang tidak pernah tidur tetap dalam keadaan fit. Pengambilan data dalam hardisk juga dilakukan secara rutin untuk mem-backup data sehingga akan tersimpan dengan aman.

Jaman serba cepat ini tentunya harus kita hadapi dengan tenang dan bijak. Terus bergerak dan selalu up date dalam mengelola semua kegiatan, walau kegiatan tidak terlihat jelas dengan mata karena “meliuk-liuk” di dunia maya namun dapat dibuktikan dengan hasil yang nyata. (goes)

_________________

Bobotsari, 20 April 2020

Humas SMK_MUBBS

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak

20 Apr
Balas



search

New Post