Agustin Arum Setiyana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

SD NEGERI KRAJAN 04

CGP ANGKATAN 4 KABUPATEN SUKOHARJO

Peristiwa (Fact)

Aksi Nyata Modul 3.1

Menjadi suatu dilema etika tentang Bagaimana saya nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Untuk mentransfer pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak, saya akan berkomunikasi dengan kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan di sekolah. Saya juga akan melakukan pengimbasan kepada rekan sejawat tentang praktik baik pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, budaya positif, praktik coaching, dan juga pembelajaran berdiferensiasi serta pembelajaran sosial dan emosional. Saya juga akan berkolaborasi dengan rekan sejawat yang tergabung dalam komunitas praktisi yang ada di sekolah. Pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak akan saya terapkan dalam pembelajaran di kelas, kegiatan-kegiatan sekolah dan lingkungan tempat tinggal saya dalam menghadapi situasi dilema etika maupun bujukan moral.

Pertama, saya akan menelaah situasi yang saya hadapi, kemudian menentukan paradigma dilema etika apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan situasi tersebut, apakah individu lawan masyarakat, kebenaran lawan kesetiaan, keadilan lawan rasa kasihan, atau jangka pendek lawan jangka panjang.

Kedua, berdasarkan paradigma tersebut, saya akan memilih prinsip yang akan saya gunakan dalam pengambilan keputusan, apakah prinsip berpikir berbasis hasil akhir ⟮end based thinking), berpikir berbasis peraturan ⟮role based thinking), ataukah berpikir berbasis rasa peduli ⟮care based thinking).

Ketiga, berdasarkan paradigma dan prinsip dilema etika yang dipilih dalam situasi yang dihadapi, saya akan melakukan pengambilan dan pengujian keputusan dengan menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

Aksi Nyata Modul 3.2

Menurut saya, aset yang paling utama yang paling mendukung suatu kegiatan di sekolah adalah aset Sumber Daya Manusia. Hal ini terbukti ketika sekolah ingin mengadakan suatu progam, aset SDM lah yang menjadi faktor pendukung utama akan terlaksananya progam tersebut. Tahun-tahun lalu sekolah saya hanya mengadakan acara pelepasan murid kelas VI dengan kegiatan makan bersama diluar saja. Namun, tahun ini Bapak Kepala Sekolah menginginkan suatu program yang berbeda. Nah, dari sini kita terkendala dana. Oleh karena itu, saya menukan suatu ide untuk memanfaatkan aset SDM yang ada di sekolah kami. Alkhamdulillah acar Wisuda TPA dan Pelepasan Murid kelas VI dapat terwujud dan terlaksana dengan baik dan lancar.

Aksi Nyata Modul 3.3

Pada era modern Revolusi Industri 4.0 sekarang ini, hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia sudah tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi informasi sebagai Enabler bagi kegiatan dan layanan lainnya. Penggunaan Teknologi Informasi tidak lagi hanya sebagai alat bantu saja tetapi merupakan komponen wajib yang harus dimiliki. Adanya perkembangan Teknologi Informasi yang sangat memudahkan aktivitas kehidupan manusia sudah menyebabkan ketergantungan yang sangat tinggi akan keberadaan teknoologi informasi. Oleh karena itu, kami membuat Program Literasi Digital

Program ini bertujuan untuk menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berbuah sehingga dapat termotivasi untuk mempelajari dan mengevaluasi teknologi informasi dan komunikasi sabagai pembelajaran sepanjang hayat

para guru dan murid dituntut

untuk mengikuti perkembangan zaman teknologi. Digital merupakan salah satu alat agar dapat

membentuk keterampilan siswa dalam berfikir kritis, analitis, dan kreatif. Implementasi digital dalam

sekolah merupakan suatu hal yang penting, agar semua orang dapat mencapai kesadaran untuk indikasi

kemajuan bangsa. Adapun tujuan progam sesuai dengan visi yang dibuat pada lokakarya 3 yang dihadiri

langsung oleh Kepala Sekolah tentang Pengembangan IPTEK yaitu dengan mengedukasi siswa dalam

memanfaatkan perangkat digital dan jaringan dalam pembelajaran secara kreatif dan bertanggung jawab.

Perasaan (Feeling)

Sebagai CGP saya merasa sangat bersyukur, bangga dan termotivasi untuk mentransfer dan menerapkan ilmu yang saya dapatkan di Pendidikan Guru Penggerak ini, untuk kemajuan sekolah kami.

Pembelajaran (Finding)

Suatu hal yang sangat menakjubkan dari sekolah kami adalah aset Sumber Daya Manusia yang ternyata sangat dapat diandalkan. Hal ini mungkin sangat dapat menunjang program-program di sekolah kami untuk ke depannya.

Penerapan ke Depan (Future)

Untuk ke depannya, saya akan banyak belajar dan berbagi ilmu dengan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan program-program yang telah terlaksana.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

27 Jun
Balas



search

New Post