Agustina Susi Utami

Agustina Susi Utami adalah nama pemberian bapakku yang berasal dari Pamekasan-salah satu kota di pulau Madura dan ibukku yang berasal dari Madiun yang terkenal ...

Selengkapnya
Navigasi Web

PANEN LELE

Kolam lele di SMPN 18 Surabaya ini merupakan "tetenger" dari awal keberhasilan sekolah menjadi sekolah Adiwiyata terbaik tingkat kota di sekitar tahun 2018. Saat itu sekolah mendapatkan rewards sebesar 15 juta rupiah. Dana sebesar itu akhirnya oleh teman-teman diwujudkan untuk menjadi kolam lele dengan memanfaatkan limbah air wudhu siswa. dan pembelian beberapa tanaman yang belum ada di sekolahh. Kolam itu terletak di dekat masjid sekolah sehingga sisa air wudhu bisa tertampung dan vbisa dijadikan kolam ikan.

Keberadaan kolam itu melengkapi media belajar peserta didik. Dengan adanya kolam itu peserta didik dengan didampingi oleh guru belajar bagaimana beternak lele. Dengan kata lain peserta didik bisa langsung belajar secara langsung. Mereka melihat dan mempraktikkannya. Mereka bisa belajar secara langsung bagaimana beternak klele itu dan apa pula hambatannya. Karena pada akhirnya peserta didik pun tahu musuh utama dari kegiatan beternak lele itu adalah ular. Hal ini disebabkan karena lahan sekolah itu masih cukup luas dan masih banyak semak belukarnya. Inshaallah pembelajaran tersebut akan memberikan pengalaman yang riel dalam kehidupannya kelak.

Hasil dari beternak lel tidak untuk dibagi-bagikan , namun untuk dijual. Alhamdulillah warga sekolah memberikan apresiasi yang baik, sehingga dana hasil dari penjualan itu bisa digunakan lagi untuk ternak ya ng berikutnya. Dengan hadirnya kolam lele itu harapannya bahwa setiap sudut sekolah bisa dijadikan laboratorium bagi peserta didik dalam merenda masa depannya,. Semoga harapan itu benar-benar bisa terwujud.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap ulasannya

20 Oct
Balas

Ulasan yang keren bun

20 Oct
Balas



search

New Post