Agustus Magribi

Agustus Magribi, S.Pd. lahir di Jakarta, 28 Agustus 1970. Memperoleh gelar sarjana pendidikan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dari IKIP Jakarta tahun 1995. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR DI LUAR KELAS SECARA MENYENANGKAN#Tantangan Menulis 30 Hari Gurusiana

BELAJAR DI LUAR KELAS SECARA MENYENANGKAN#Tantangan Menulis 30 Hari Gurusiana

Hari ini siswa level 7 dan 8 belajar di luar ruang kelas seharian. Kami menamainya Engaging Learning Activity. Sebenarnya kegiatan hari ini adalah pembelajaran biasa, artinya siswa belajar mata pelajaran sesuai dengan jam pembelajaran di hari efektif belajar. Namun kali ini dikemas semenarik dan seatraktif mungkin di luar kelas. Guru tidak boleh ceramah atau metode lain yang teacher centre, tapi harus siswa yang banyak melakukan aktifitas.

Pembelajaran luar ruang ini mengadaptasi wide game yang biasa dilakukan Pramuka. Yaitu perjalanan mengelilingi suatu area yang telah ditentukan, lalu siswa akan berhenti di pos-pos untuk mengikuti materi yang telah dipersiapkan.

Pada kegiatan hari ini. Pos 1, berisi tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Pos 2, berlokasi di masjid dengan materi pelajaran Pendidikan Agama.

Lalu pos 3, di gazebo bernama Ali dengan materi Matematika. Di lokasi yang sama pada gazebo bernama Usman terdapat pos 4, dengan materi IPA untuk membuat kincir air dari stik es krim dan botol bekas.

Untuk ruangan yang dipakai, pada pos 5 memakai laboratorium komputer dengan mata pelajaran PKn, dan terakhir pos 6 berisi mata pelajaran IPS di perpustakaan.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 07.20-15.00 WIB diawali dengan shalat dhuha dan murajaah, dilanjutkan dengan apel pagi sebagai pembuka kegiatan. Barulah siswa diarahkan menuju pos-pos yang telah ditentukan.

Setiap pos memiliki waktu 40 menit untuk menyampaikan materinya dalam bentuk games, unjuk karya, ataupun proyek. Setelah waktu selesai, maka siswa akan berpindah tempat menuju pos yang lain sampai semua siswa menyelesaikan 6 pos.

Dengan kegiatan ini siswa dapat lebih aktif dengan melakukan perjalanan dari pos satu ke pos yang lain. Mandiri dan bertanggung jawab, karena harus menyiapkan perlengkapan pribadi yang harus dibawa. Siswa juga dapat bekerja sama, saling toleran, perhatian, dan kasih sayang terhadap teman satu kelompoknya. Siswa diajak berpikir kritis dan analitis dalam menyelesaikan tugas atau proyek dan berkomunikatif saat unjuk karya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post