Ahmad

Pegiat literasi di STAI YPBWI Surabaya, setiap tarikan napas adalah anugerah tak ternilai, tiap goresan pena adalah kurnia tak terhingga, siar segala bajik, ra...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perlunya Memilih Diksi Yang Tepat

Perlunya Memilih Diksi Yang Tepat

Tantangan hari ke-28

Dari tulisan yang tertera pada gambar di atas bisa menyebabkan multi tafsir. Coba kita perhatikan. Lomba mewarnai ibu dan anak. Bisa bermakna lomba yang diadakan untuk mewarnai ibu dan anak.

Objek yang diwarnai adalah ibu serta anaknya. Bisa dibayangkan kalau itu benar-benar dilakukan.

Padahal secara logika hal itu tak mungkin terjadi. Nah, yang paling mungkin paling mendekati apa yang diinginkan pembuat poster adalah lomba yang bisa diikuti oleh ibu serta anaknya mewarnai gambar yang telah disediakan oleh panitia.

Akan lebih efektif bila ditulis "Lomba Mewarnai untuk Ibu dan Anak" penambahan kata penghubung "untuk" lebih tepat. Pembaca tidak salah memahami isi yang ingin disampaikan pembuat poster.

Itulah contoh pentingnya pemilihan diksi yang tepat. Bahasa adalah sarana seseorang mengomunikasikan gagasan ataupun ide lewat media tulisan.

Gresik, 24 02 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post