Ahmadi

Belajar konsisten, terus menulis, dan tanpa henti membaca. Aktif sebagai staf TA/ Sekretaris Tim Literasi Sekolah (TLS) SMA Negeri 2 Liwa, pegiat Lapak Baca Liw...

Selengkapnya
Navigasi Web

KEPALA SMA NEGERI 2 LIWA JADI PEMBICARA WEBINAR NASIONAL

Tantangan menulis hari ke-517

========================

Budi Wiryawan, S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 2 Liwa mewakili Ketua MKKS SMA Lampung Barat menjadi pembicara pada Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, sesi 2 Kabupaten Lampung Barat, Kamis (19/08).

Beliau menyampaikan materi tentang Basic Knowladge dan Rules Usaha Online. Seminar secara virtual ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatik RI bekerjasama dengan SiberKreasi di 34 provinsi dan 514 kabupaten/ kota. Dibuka oleh Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi pada pukul 13.00 WIB.

Budi memaparkan seputar etika dalam berbelanja online. Aturan-aturan dasar yang mesti dilakukan selaku pembeli ketika berinteraksi dengan penjual barang.

“Pada saat melakukan komunikasi dengan memanfaatkan media sosial, biasanya banyak yang cenderung melupakan etika dalam berkomunikasi. Hal ini di buktikan dengan banyaknya kata-kata kasar yang kerap kali muncul pada saat melakukan percakapan melalui jejaring sosial, baik yang sengaja dan tidak sengaja”, sampai Budi yang juga bertindak sebagai Penanggung Jawab Tim Literasi SMA Negeri 2 Liwa.

Lanjut Budi, Banyak orang masuk penjara karena kiriman atau komentar mereka yang mengungkapkan kebencian atau penindasan terhadap orang lain. Hal ini dikarenakan adanya kebebasan berekspresi, namun masih terdapat batasan dalam kebebasan tersebut. Karena dalam batasan tersebut, orang lain tetap memiliki hak, dan sesama manusia biologis harus saling menghormati.

Kemudian Budi menjelaskan terkait etika saat berbelanja pada aplikasi belanja online atau di media sosial. Menurut dia, semenjak mewabahnya Covid-19 aktivitas belanja masyarakat secara online meningkat drastis.

“Hindari membeli lewat jejaring sosial, pilih produk langsung pada official store dari brand yang kita inginkan, jangan mudah tergiur harga miring, serta cek reputasi toko dari nilai dan ulasan konsumen,” tutur Budi.

Budi bersama Hendri Anwar, S.T., M.T. (Dosen Telkom University), I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T., M.T. (Wakil Ketua III STMK Primakarsa dan Praktisi TIK), Titi Sari Saputro, S.Pd (Pengurus PW Fatayat NU Lampung dan ASN Guru) tampil sebagai narasumber melalui aplikasi zoom dengan tema besar aman saat berbelanja online.

Untuk informasi, SMA Negeri 2 Liwa telah dua kali mengisi seminar yang diadakan secara nasional ini. Sebelumnya pada 12 Agustus 2021 lalu, Sekretaris Tim Literasi Sekolah juga menjadi pemateri.

==========================

Liwa, 19 Agustus 2021

Ahmadi

#Tantanganmenulisgurusiana #Tantanganmenulisharike517

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post