Muhsin Sakhi

Ahmad Muhsin, pria kelahiran Boyolali, 5 April 1988 adalah lulusan FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta jurusan Bahasa Inggris. Lulus kuliah, mengabdikan dir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bangun Karakter Lewat Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Bangun Karakter Lewat Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang lebih akrab di telinga warga Al-Azhar Syifa Budi Solo sebagai Awwalussanah merupakan agenda rutin setiap awal tahun pelajaran guna menyambut kedatangan peserta didik baru.

SD Al-Azhar Syifa Budi Solo menyelenggarakan kegiatan Awwalussanah di komplek TA-TK dan SD Al-Azhar Syifa Budi Solo pada Senin (16/7). Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari hari Senin-Rabu (16-18 Juli 2018).

Hari pertama dibuka dengan upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru di halaman SD Al-Azhar Syifa Budi Solo. Turut hadir Bp. Ali Mukti selaku pengurus Yayasan Amal Sahabat Surakarta, untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara MPLS SD Al-Azhar Syifa Budi Solo tahun pelajaran 2018/2019.

Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru juga diwarnai dengan prosesi pelepasan balon sebagai penanda diterbangkannya harapan-harapan besar sekolah di masa yang akan datang. Sorak sorai gemuruh anak-anak mengiringi prosesi pelepasan balon. Seketika tepuk tangan membahana ketika menyaksikan balon warna warni melayang di langit yang cerah pagi itu.

Dihari kedua, kegiatan MPLS tidak kalah seru. Berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat dilaksanakan. Mulai dari pengenalan ekstrakurikuler untuk siswa baru, hingga pelatihan kepramukaan dasar dan pelatihan PBB dan Kedisiplinan. Kegiatan PBB untuk siswa kelas 5&6 di pimpin langsung oleh TNI AD Brigif Mekanis Palur. Sedang pelatihan Kepramukaan Dasar (untuk kelas 3-4) di pandu oleh kakak-kakak pembina Kwartil Cabang Kota Surakarta. Selain itu juga ada dongeng islami, kultur al-azharisasi dan materi pembinaan agama.

Selain Kegiatan ekstrakurikuler, panitia juga menyelenggarakan pengenalan program intrakurikuler tahun 2018 di hari ketiga MPLS. Ada tiga program Intrakurikuler yaitu English Club (EC), Math Science Club (MSC) dan Islamic Club (IC). Program ini untuk menfasilitasi anak-anak yang memiliki bakat dan ketertarikan di bidang bahasa Inggris, matematika, sains dan keagamaan. Dari program inilah diharapkan muncul anak-anak berprestasi yang akan mengharumkan nama sekolah.

Setelah menyaksikan story telling, khitobah dan unjuk kebolehan dari anak-anak MSC seperti roket air dan ular tangga, para siswa baru diajak menuju koridor lantai 1 untuk mendapatkan materi pelatihan Toilet Training. Kegiatan ini dipandu langsung dari perawat UKS, bunda Arin. Dikoridor lantai 2 ada Bimbingan dan Konseling untuk kelas 3-4 bersama bunda imay, bunda Vivin dan Bunda Damay selaku BK SD Al-Azhar Syifa Budi Solo. Untuk siswa kelas 5-6 ada Spiritual Building Training (SBT) untuk membangun spiritualisasi para siswa.

Penyelenggaraan Awwalussanah tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. MPLS kali ini dibuat lebih variatif mulai dari dekorasi hingga jenis kegiatannya.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan MPLS diantaranya untuk memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah, mulai dari sarana dan prasarana, kultur sekolah, tata tertib dan program-program kegiatan di sekolah. Selain itu, dengan penyelenggaraan MPLS ini diharapkan terbangun karakter anak yang cerdas, mandiri dan berakhlak mulia, selaras dengan tema MPLS tahun ini yaitu Good Character for Good Future. (AM)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post