Muhsin Sakhi

Ahmad Muhsin, pria kelahiran Boyolali, 5 April 1988 adalah lulusan FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta jurusan Bahasa Inggris. Lulus kuliah, mengabdikan dir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris

Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris

Beberapa orang mengatakan kalau belajar bahasa inggris itu susah. Bahkan ada yang berpikir kalau bahasa inggris itu pelajaran yang menakutkan bahkan membosankan. Benarkah??Apakah kamu salah satu yang berpikir demikian? Nah, jika ya…kamu perlu baca ulasan ini.

Berbicara tentang English tentu tidak lepas dari yang namanya bahasa. Bahasa merupakan sebuah keterampilan berkomunikasi. Setiap makhluk hidup baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan membutuhkan bahasa sebagai media komunikasi. Dengan kata lain bahasa adalah fasilitas utama untuk berinteraksi dengan sesamanya. Begitu juga dengan bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional dan digunakan oleh sebagian besar penduduk bumi ini.

Penguasaan bahasa asing utamanya bahasa inggris tidak lagi dirasa perlu, tapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Perkembangan teknologi dan informatika menuntut kita untuk terampil berbahasa, utamanya bahasa inggris. Banyak dunia kerja yang membutuhkan orang-orang yang terampil dalam berbahasa inggris. Ilmu pengetahuan pun lebih banyak ditulis dalam bahasa inggris. Menurut penelitian, 80 % bahasa yang digunakan di internet adalah bahasa inggris. Sangat disayangkan jika kita melewatkan begitu saja informasi dan pengetahuan yang terus berkembang setiap detiknya hanya karena kita kesulitan memahami bahasanya.

Keberhasilan belajar bahasa asing tidak tergantung pada kecerdasan, tetapi lebih pada motivasi dan ketekunan dalam belajar secara terus menerus. Salah satu sebab banyaknya kegagalan dalam belajar bahasa inggris adalah karena mereka yang mempelajari bahasa inggris tidak memiliki strategi atau cara yang tepat dalam belajar bahasa. Mereka belajar secara serampangan dan asal menghafal kata sehingga lama kelamaan rutinitas inipun terasa membosankan. Pada akhirnya rasa malas dan putus asa lah yang ada. Nah, dibutuhkan strategi-strategi khusus dalam belajar bahasa asing, utamanya bahasa Inggris. Berikut ini beberapa tips yang bisa di coba untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris secara mudah dan menyenangkan.

1. You should think that English is easy. Ubahlah paradigma kita tentang belajar bahasa, berpikirlah bahwa bahasa inggris itu mudah. Ingat, keberhasilan kita dalam penguasaan bahasa sangat tergantung pada bagaimana kita memandang bahasa itu. You are what you thing you are. Kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Jika kamu berpikir bahwa belajar bahasa inggris itu mudah, insyaallah Allah pun akan mudahkan jalan itu begitupun sebaliknya. Cara ini menjadi langkah awal untuk menghimpun energi motivasi dalam belajar bahasa inggris.

2. Join an English forum. Keberhasilan kita dalam belajar bahasa juga dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan yang tidak kondusif akan menghambat kita dalam belajar bahasa. Belajar bersama dengan orang-orang yang memiliki interest dan semangat yang tinggi dalam belajar bahasa akan memberikan pengaruh positif bagi kita.

3. Learn via listening song or watching movie. Jika kamu adalah orang yang hobi mendengarkan musik, khususnya musik luar, maka kamu telah berada di jalur yang benar untuk memulai langkah menjadi mastering English. Sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa asing terbukti ampuh dalam meningkatkan vocabulary/ kosa kata. Bahkan semakin memudahkan kita untuk memahami struktur bahasa tersebut.

4. Practice makes perfect. Cara ini adalah cara terampuh dalam belajar bahasa inggris. Masih ingatkan bahwa bahasa itu adalah pembiasaan. Belajar bahasa inggris membutuhkan ketekunan yaitu dengan membiasakan diri untuk mempraktekannya secara terus menerus. Tidak masalah jika ada kesalahan. Untuk pemula, jangan terlalu pikirkan masalah grammar. Yang penting ngomong saja.Praktekkan!!!

5. Stop dreaming and Start action!!!if you don’t start, you’ll never finish. Tips terakhir adalah memulai sekarang. Mulailah berbicara dengan bahasa yang paling sederhana. Jangan menunda-nunda keinginan yang sudah membuncah di dada. Gunakan vocabulary yang kita kuasai untuk berbicara dengan orang lain. Ingat, keinginan atau mimpi saja tidak cukup. Harus ada tindak lanjut dari mimpi, yaitu upaya untuk memulai yang merupakan bagian dari realisasi.

Actually, no one will really help you to learn English, but you yourself. So, let’s start it, dude!! Speak up and let’s have fun with English. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Sekaranglah saatnya untuk unjuk kebolehan. It’s better late than never. Just practice, practice and practice!!! Best of luck you are. Have a great show!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tidak mudah menemukan komunitas b inggris. Kita perlu membuatnya. Agar lingkungan tsb. Mendukung

25 Jul
Balas

benar sekali pak Sopyan. apalagi untuk lingkup guru di pendidikan dasar. salam kenal dari solo

25 Jul
Balas

benar sekali pak Sopyan. apalagi untuk lingkup guru di pendidikan dasar. salam kenal dari solo

25 Jul
Balas



search

New Post