Ahmad Najib

Menulislah untuk Keabadian. Seorang Guru Ngaji-"Iqro" di Musholla Al-Muhajirin Griya Serua Bojongsari Depok. Mengajar di SMA Adzkia Islamic School Pesant...

Selengkapnya
Navigasi Web

MENGAJARI ANAK MENYELESAIKAN MASALAH

MENGAJARI ANAK MENYELESAIKAN MASLAHNYA

Hidup didunia ini adalah kumpulan masalah. setiap manusia yang hidup pasti memiliki masalahnya masing-masing, Entah masalahnya kecil, besar, ataupun masalah-masalah yang seringkali unik, rumit, bahkan dilematis yang mesti dihadapi dan diselesaikan. Sikap orang berbeda-beda dalam menghadapi persoalan atau masalah hidupnya, ada yang bersikap tenang, ikhlas, dan bertanggungjawab menyelesaikan permasalahannya sampai kelar dan bersiap untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan berikutnya. Tetapi, Banyak juga orang yang tak dapat mengatasi masalahnya sehingga putus asa dan berusaha lari dari masalah yang dihadapi dengan berbagai macam cara, ada yang lari dengan cara mengasingkan diri ketempat-tempat yang dianggap dapat menenangkan diri, ada yang mengkonsumsi narkoba dan obat-obat terlarang, ada yang mendatangi dan terlibat masuk kedalam kehidupan malam atau dunia gemerlap, bahkan ada yang sampai memutuskan untuk mengakhiri hidup agar masalahnya kelar.

Tuhan menurunkan kitab suci tujuannya adalah untuk menjadi solusi dari setiap masalah yang dihadapi oleh manusia. Sayang seribu sayang, saat ini banyak manusia yang tak menjadikan kitab suci agamanya sebagai petunjuk, sebagai solusi atas setiap masalah yang menimpanya. Kitab suci saat ini kebanyakan dijadikan hiasan dan aksesoris yang ada di atas meja, laci, atau rak-rak buku bahkan dijadikan hiasan dinding tanpa dibaca, dipahami maknanya, dan di praktekkan dalam kehidupan untuk bekal menghadapi permasalahan hidup yang akan dilewati.

Bagi kaum muslimin, Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai kitab suci yang berisikan petunjuk hidup agar selamat didunia maupun selamat dikehidupan selanjutnya setelah kematian (akhirat). AL-Qur’an juga diturunkan untuk menjadi obat bagi segala macam penyakit, dan menjadi rahmat bagi orang-orang yang beriman. Allah menjamin kebenaran Al-Qur’an dalam QS. 2:2 “Inilah Kitab yang tidak ada sedikitpun keraguan di dalamnya”. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur selama kurang lebih 23 tahun. Al-Qur’an terdiri dari 114 surat dan 6.666 ayat. Selama 23 tahuan Al-Qur’an diturunkan untuk menjadi petunjuk dan solusi umat islam jaman dulu.

Dari uraian diatas, maka ketika kita atau anak kita sedang memiliki “masalah” dalam kehidupan maka marilah kita mengikuti petunjuk yang telah Allah turunkan sebagai pedoman dalam memperoleh keselamatan hidup di dunia dan akhirat yaitu Al-Quran. Jika anak memiliki masalah, maka inilah 5 hal yang yang harus diajarkan orangtua kepada anaknya agar masalahnya menemui jalan keluar;

1. Wudhu

Wudhu adalah tatacara dalam ajaran islam untuk mensucikan diri dari hadas kecil, wudhu menjadi syarat sahnya shalat. Berwudhu secara dhohir adalah membasuh anggota tubuh yang menjadi rukun wudhu. Adapun rukun wudhu ada lima, yaitu; Niat, membasuh wajah, membasuh kedua tangan sampai siku, membasuh sebagian/seluruh kepala, dan terakhir membasuh kedua telapak kaki sampai tumit.

2. Shalat Sunnah

Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat 2:45 yang artinya “ Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat”. Shalat menjadi media untuk manusia memohon pertolongan atas permasalahan yang dihadapinya, dan Allah sebagai Tuhan yang memiliki kekuasaan terhadap mahluknya memerintahkan manusia untuk memohon pertolongan-Nya dengan jalan melakukan Shalat. Sholat yang dilaksanakan selain shalat wajib dan shalat sunnah rawatib, nabi juga mencontohkan sholat-shalat sunnah yang lainnya seperti shalat Tahajjud, shalat dhuha, shalat hajat, atau shalat sunnah lainnya.

3. Baca Al-Qur’an

Setelah berwudhu dan shalat sunnah 2 rakaat, maka selanjutnya adalah mengambil mushaf Al-Qur’an. Sebelum kita membuka halaman-halaman Qur’an, berdoalah kepada Allah dan memohon petunjuk atas masalah yang sedang kita hadapi. lalu bukalah lembar mushafnya secara acak atau sembarangan. Bacalah ayat-ayat Qur’an yang ada di halaman yang sudah kita buka 1-5 ayat atau lebih.

4. Baca terjemah dan Tafsir ayat yang kita baca di poin 3

Setelah membaca ayat-ayatnya, lanjutkan untuk membaca terjemahan dan juga tafsir dari ayat-ayat yang kita baca, boleh lebih dari satu referensi buku tafsir Qur’an.

5. Tadabburi, ambil hikmah, dan kaitkan dengan permasalahan yang kita hadapi

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mentadabburi dan mengambil hikmah dari ayat-ayat Qur’an yang telah kita baca, kita pahami artinya dan pelajari tafsirnya. InsyaAllah hati kita akan terbuka dengan petunjuk yang ada dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

Itulah lima hal yang perlu diajarkan dan dibiasakan kepada anak-anak kita agar kelak setiap permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak saat ini maupun saat nanti mereka dewasa, mereka dapat menghadapi dan menyelesaikan cepat dan tepat setiap masalah yang menghampiri kehidupan mereka. Mengajarkan kepaada anak bahwa manusia memiliki keterbatasan-keterbatasan, hanya tuhan lah yang maha perkasa maha berkuasa atas segala sesuatu. Lima cara tersebut adalah cara menyeesaikan masalah dengan melibatkan tuhan, mengandalkan Allah yang maha berkuasa atas segala sesuatu di jagat semesta raya ini.

Wallahu’alamu.

Ahmad Najib, SE.

Guru SMA Adzkia Islamic School

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post