Matrasit

Salam kenal... Namaku Ahmad Rasyid (nama pena) atau Matrasit, terlahir di Sumenep pada tanggal 6 Mei 1967. Mulai Maret 1988 berprofesi guru di Kabupaten ...

Selengkapnya
Navigasi Web

ANJALA SOTRA

#02 SERI PAREBASAN MADURA

Anjala Sotra

Entahlah, sudah berapa ribu juta orang yang dicipta dan telah dilahirkan ke dunia. Bisa dipastikan di antara mereka yang terlahir tak ada yang sama, walau mereka terlahir kembar sekalipun. Ada kemiripan so pasti, baik postur tubuh dan roman muka; karakteristik yang hampir tiada beda; gaya hidup, logika berpikir, dan kehendak yang semi sejalan; serta prilaku umum lainnya. Sebab eksistensi yang mendekati kesamaan atau lebarnya perbedaan itulah kemudian mengharuskan antar mereka menjalin adanya kompromi sosial yang mengikat.

Asumsi "anjala sotra" bagi orang Madura sebagai simbol kebijaksanaan dalam permusyawaratan dengan mengedepankan segi kemanusiaan yang adil dan beradab. Dua istilah yang timbul dari laut dan darat. Para nelayan dalam aktifitas keseharian selalu berhubungan dengan jenis alat tangkap ikan. Sebut saja "jala". Ikan apa yang hendak ditangkap tentu akan disiapkan "jala" yang sesuai. Sedangkan "sotra" merupakan jenis pakaian yang tergolong mahal dan langka. "Sotra" memunculkan aura karismatik, agung, dan wibawa.

"Anjala sotra" awalnya sebagai istilah strategi politik yang dikembangkan oleh Sultan Abdurrahman, Raja Sumenep (1811 - 1854) dalam menghadapi penjajahan Belanda. Ia berprinsip "mega' juko' aengnga se ta' lekkowa". Pada gilirannya dalam hubungan sosial, politik, dan budaya menjadi simbol karakteristik luhur seseorang. Pribadi yang demikian akan tercermin pada halus budi pekerti, tutur bahasa yang santun, dan mengedepankan hak-hak kemanusiaan universal, serta prikehidupan yang adil dan beradab. Sikap politisnya tak terlihat semata untuk membunuh karakter lawan. Prilaku "anjala sotra" bagi bangsa Madura sebagai warisan adiluhung budaya ksatria bangsa Madura yang wajib dibudayakan sekaligus dilestarikan.

#ArtikelTigaAlinea

#by. Ahmad Rasyid

#Ambunten, 20 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post