Ahmad samsi

Mencerdaskan anak bangsa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendorong Kompetensi Guru Melalui MGMP-KKG

Mendorong Kompetensi Guru Melalui MGMP-KKG

Guru garis depan kabupaten manggarai barat provinsi nusa tenggara timur menyelenggarakan kegiatan musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru ( KKG) yang berlangsung sejak tanggal 31 agustus sampai 1 september 2019, kegiatan ini merupakan wadah untuk mendorong dan meningkatkan kualitas Kompetensi para Guru dalam menjalankan misinya sebaga tenaga pendidik. Hal ini Landasan musyawarah guru mata pelajaran tertuang dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 20 ayat (b) mengamanatkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan.Mukadimah diatas para tenaga pendidik di kabupaten manggarai barat-NTT melakukan kegiatan MGMP Untuk guru SMP dan kkg untuk guru SD. kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari sejak tanggal 30 agustus sampai 1 september 2019 di aula gedung Dinas PKO KAB. mabar. Peserta dalam kegiatan ini berasal dari para GURU GARIS DEPAN KAB. Manggarai Barat dan didampingi oleh dua orang narasumber/instruktur. Muatan materi kegian ini secara garis besarnya merangcang perangkat pembelajaran yang nantinya dalam implementasi di kelas para siswa sangat terdorong semangat belajar.Kegiatan ini dibuka oleh sekertaris dinas pendidikan dan hari penutup kegiatan ini ditutup secara resmi oleh kepala dinas pendidikan kabupaten manggarai barat. Inti dari sambutan mereka adalah para guru harus berperan dan mengajar secara tulus dan tuangkan semua gagasan dalam mendidik anak anak disekolah. Guru garis depan yang saat ini bertugas di daerah terpelosok dengan akses yang SANGAT terbatas dan semoga tidak luntur dalam pengabdiannya, kemudian sekalipun desain perangkat sangat bagus namun perlu didukung oleh komponen pendidikan lianya/fasilitas yang memadai, karena saat ini guru dan siswa diperhadapkan berbagai arus transformasi lintas kehidupan maka ini juga mendorong dunia pendidikan yang lebIh maju (imbuh oleh ahmad samsi selaku sekretaris GGD saat penutup kegiatan)MGMP-KKG yang sudah menjadi bagian dari perangkat dalam menunjang kompetensi guru merupakan wadah bagi guru untuk mendesain perangkat pembelajaran yang mengorong dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan tentunya ketika ini dijalani dengan sungguh sungguh tentu kita ikut ambil peran penting visi pendidikan yaitu mencerdaskas kehidupan bangsa. Ini pun harapan kita bahwa Pendidikan pada garis besar memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan keterampilan, kepribadian dan perkembangan intelektual siswa. Upaya Pembaruan dan pengembangan pendidikan diharapkan kearah yang lebih menekankan pada kesesuaian antara kebutuhan dengan masyarakat.Pak agus dalam sambutan pembukaan kegiatan MGMP-KKG menyampaikan harapkan kegiatan ini memiliki Tujuan dan target kegiatan ini diantaranta: pertama menjadi wadah yang efektif dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru di kelas. Kedua Untu berbagi ide, solusi permasalahan yang dihadapi di kelas. Ketiga wadah ini memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan guru, karena program MGMP-KKG ini dirancang sesuai dengan kebutuhan guru mata Pelajaran/Guru kekas. Keempat Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional Guru.MGMP-KKG dalam mendorong generasi Emas bangsa (milineal) tentunya peranan guru sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, guru memiliki dan meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era Pendidikan 4.0. Hal ini pun Peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital. Hal ini kita bisa merasakaN langsung bahwa proses arus transformasi global saat ini mampu menjangkau semua daerah pelosok negeri atau lintas batas. Maka posisi Peserta didik sudah terbiasa dengan arus informasi dan teknologi industri 4.0. Ini menunjukkan bahwa out pout siswa dari sekolah yang diluluskan harus mampu menjawab tantangan industri 4.0. Landasan fakta dunia pendidikan saat ini menjadi tantangan yang besar, maka guru harus terus berproses dan belajar dalam meningkatkan kompetensi sehingga mampu menghadapi peserta didik generasi milenial. Kita menyadari bahwa ada perubahan besar di bidang pendidikan dan pembelajaran dalam era industri 4.0 yang berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Dalam Kegiatan belajar mengajar berubah total mengalami evolusi kearah pembelajaran digital yang dapat menciptakan pembelajaran yang lebik kreatif, partisipatif, beragam, dan menyeluruh. Hal inu pun Pada kegiatan belajar mengajar ini guru memiliki peran penting dalam kontekstualisasi informasi serta bimbingan praktis dalam apa saja terhadap anak didik. Ini menunjukkan wadah MGMP-KKG yang merupakan wadah corong pembaruan kompetensi guru yang berkualitas melalui perangkat pembelajaran yang dirancang secara bersama. Kedepanya wadah seperti ini perlu diakomodir secara kontinuitas Oleh berbagai pihak agar Kompetensi guru mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dengan arus transformasi global. #salam maju bersama mencerdaskan bangsa. By.ahmad samsi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post