Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aplikasi Pusaka  Kemenag  Meningkatkan Pelayanan Umat dan ASN Kemenag (H-1117)
Tampilan Aplikasi Pusaka milik Kementerian Agama, untuk melayani umat

Aplikasi Pusaka Kemenag Meningkatkan Pelayanan Umat dan ASN Kemenag (H-1117)

Kemenag telah memiliki beberapa digitalisasi layanan publik, baik untuk pendaftaran haji online, pendaftaran nikah online, pengajuan perpanjangan ijin operasional bagi biro/lembaga, dan lain sebagainya. Sebagai bentuk transformasi layanan umat, Kemenag menginisiasi beberapa layanan tersebut dalam sebuah aplikasi yang diberi nama PUSAKA.

“PUSAKA merupakan aplikasi yang menghadirkan berbagai fitur layanan online Kementerian Agama untuk masyarakat, misalnya, pendaftaran haji, pendaftaran nikah, sertifikasi halal dan lain sebagainya. Jadi lewat 1 aplikasi, bisa mengakses berbagai layanan Kemenag,” tutur Mahrodi.

“Jadi kita tidak perlu lagi menginstal beberapa aplikasi untuk menerima layanan Kemenag, cukup instal aplikasi PUSAKA. All in one,” imbuhnya.

Baimana cara masuk ke Aplikasi Pusaka?

Pertama kita harus mengunduh aplikasi Pusaka di Play Store, bisa lewat PC atau lewat HP.

Setelah kita memiliki aplikasi Pusaka kita bisa memanfaatkan beberapa layanan Kementerian Agama untuk mesyarakat. Sedangkan bagi ASN di lingkungan Kementerian Agama, wajib memiliki akun Pusaka Kementerian Agama, karena mulai 1 Juli 2023 setiap ASN wajib menggunakan Aplikasi Pusaka untuk

- Presensi kehadiran

- Membuat laporan kinerja

- Mengurus kenaikan pangkat

dan administrasi kepegawaian lainnya semuanya dilakukan secara online.

Untuk bisa masuk dan menggunakan Akun Pusaka maka pengguna harus menombol login yang terletak di bagian bawah profil.

Saat di klik login maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

Untuk bisa masuk dan menggunakan aplikasi Pusaka maka kita harus memasukkan email kita(untuk) pengguna umum, sedangkan pegawai Kementerian Agama maka email bisa diganti dengan NIP atau NI PPPK.

Password: untuk pengguna umum menggunakan password email, sementara untuk pegawai kemenag passwordnya adalah ASN(semua huruf besar) 3 digit terakhir NIP dilanjutkan dengan tanggal,bulan dan tahun lahir (masing-masing 2 angka) setelah lengkap klik masuk.

Bila data yang kita masukkan benar maka akan muncul tampilan seperti ini

Penulis berhasil melakukan presensi pada pukul 07.22 WIB , batas akhir melakukan presensi adalah pukul 07.30 WIB, bila seorang pegawai terlambat melakukan presensi atau tidak melakukan presensi maka nanti akan diperhitungkan dalam satu bulan dan berpengaruh terhadap pengurangan tunjangan kinerja di akhir bulan.

Setelah bisa melakukan presesi bagi pegawai maka ia harus menuliskan kinerja yang dilakukan pada hari dan tersebut, maka penulispun mencatat dan menulis apa yang penulis lakukan hari ini, mengajar di mana, kapan dan materi apa yang penulis ajarkan pada peserta didik hari ini, seperti ini tampilan laporan kinerja penulis hari ini.

Tampilan layar laporan kinerja yang penulis buat hari ini, sesuai dengan apa yang akan, sedang dan telah penulis kerjakan sesuai dengan jadwal mengajar hari ini.

Sore nanti ketika sudah waktunya pulang para pegawai Kementerian Agama juga wajib melakukan presensi pulang, sesuai dengan jam kerja yang ditentukan oleh masing - masing satuan kerja.

Informasi Layanan Publik dari Aplikasi Pusaka Kementerian Agama.

Aplikasi Pusaka bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum untuk berbagai keperluan yang ada hubungannya dengan pelayanan kerja Kementerian Agama yang bisa di akses di mana saja dan kapan saja.

Inilah macam-macam menu yang bisa diakses oleh masyarakat lewat akun Pusaka

Tangkapan layar layanan umum yang bisa dicari dari Aplikasi Pusaka Kementerian Agama (foto: dokpri)

1. Informasi Pendaftaran Haji

2. Informasi pendaftaran petugas haji

3. Informasi Seleksi MCH

4. Estimasi keberangkatan haji

5. Pelunasan biaya haji

6. Pembatalan haji

7. Pendaftaran sertifikasi halal

8. Sertifikasi halal

9. Pendaftaran nikah

10. Zakat infak dan sedekah

11. Informasi pendidikan dan pelatihan

12. informasi beasiswa pelajar, mahasiswa dan pegawai Kementerian Agama

13. dan banyak informasi lain yang terkait dengan fungsi pelayanan Kementerian Agama.

Ayo manfaatkan Akun Pusaka Kementerian Agama untuk kemaslahatan umat dan untuk pengembangan karir kepegawaian khususnya bagi ASN di lingkungan Kementerian Agama.

Selamat mencoba.

Istanaku, 4 Februari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Cuma karena servernya terpusat, usernya nasional, untuk masuk agak sulit. Salam literasi

04 Feb
Balas

Keren banget P Haji

04 Feb
Balas



search

New Post