Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kemenag Rilis Rapor AKMI Hasilnya Cukup Bagus Literasi Siswa Madrasah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Kemenag Rilis Rapor AKMI Hasilnya Cukup Bagus Literasi Siswa Madrasah

Kementerian Agama baru-baru ini merilis hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2023, dikenal sebagai Rapor AKMI 2023. Rapor ini secara eksklusif tersedia bagi siswa, orang tua, guru, kepala madrasah, dan Kementerian Agama, tetapi akan diumumkan secara publik di portal yang sama pada waktu tertentu.

Plt. Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama, Muchamad Sidik Sisdiyanto, menyoroti bahwa Rapor AKMI tidak hanya menyajikan hasil evaluasi, tetapi juga memberikan rekomendasi penting bagi semua pihak terkait. Ini termasuk strategi peningkatan kompetensi siswa dalam literasi, menjadi panduan berharga bagi orang tua, guru, kepala madrasah, dan pemangku kepentingan.

Rapor ini mengevaluasi empat aspek utama kemampuan siswa: literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya. Kemampuan literasi siswa direpresentasikan dalam lima tingkatan: Perlu Pendampingan, Dasar, Cakap, Terampil, dan Perlu Ruang Kreasi.

Sidik menjelaskan bahwa setiap tingkat kemahiran memiliki strategi tersendiri untuk meningkatkan kemampuan ke tingkat yang lebih tinggi. Secara keseluruhan, hasil AKMI 2023 menunjukkan bahwa kompetensi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Indonesia berada pada tingkat Cakap untuk semua literasi yang diukur.

Abdul Rouf, Ketua PMU REP MEQR, menambahkan bahwa 342.987 siswa dari 11.318 MI di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam AKMI 2023 yang berlangsung dari 2 hingga 14 Oktober 2023. Program ini merupakan bagian dari kerjasama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Bank Dunia dalam Realizing Education's Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR).

Sebelumnya, ribuan instruktur dilibatkan untuk melatih guru madrasah dalam menganalisis rapor AKMI guna menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). RTL ini menjadi dasar untuk meningkatkan metode pembelajaran di setiap madrasah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak haji. Salam literasi

19 Nov
Balas

Terima kasih Pak Dede Saroni

19 Nov



search

New Post