Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manusia Sawah (H-1142)

Manusia Sawah (H-1142)

Pagi. Ini penulis jalan-jalan ke areal persawahan di sebelah kampung di wilayah perbatasan Surabaya Gresik, yang lahan persawahannya sudah dimiliki oleh beberapa pengembang perumahan.

Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pertanian akan berubah fungsi menjadi pemukiman baru yang akan dibangun oleh beberapa PT yang bergerak di bidang perumahan.

Salah satu PT yang membangun kompleks perumahan adalah PT. Amega

Pembangunan rumah contoh tentu membutuhkan banyak pekerja yang akan menyelesaikan beberapa unit rumah contoh dengan tipe besar yang harganya menurut bagian pemasaran kisaran antara 900 juta - 1,5 milyar rupiah perunitnya.

Kebutuhan akan tenaga kerja dipenuhi oleh para Pemborong Proyek Perumahan sebagaian besar adalah pekerja dari luar kota bahkan dari luar provinsi.

Saat penulis bertanya kepada mereka sambil ngopi dan sarapan pagi di warung yang berada di sebelah rumah petak mereka menjawab ada yang dari Ngawi, Madiun, Ponorogo bahkan ada yang dari Sragen dan Klaten Jawa Tengah

Hidup di Rumah Petak Sederhana demi Keluarga

Karena para pekerjanya berasal dari daerah yang jauh dan posisi proyek yang dikerjakan ada di areal persawahan maka Pemborong/Mandor bangunan menyiapkan rumah petak sederhana dari bahan triplek beratap seng, dilengkapi dengan warung, dan sumur bor untuk keperluan mandi, cuci dan buang air.

Warung makan, kopi dan segala macam kebutuhan konsumsi termasuk rokok, kopi disediakan oleh pemilik warung yang kebetulan orang kampung penulis.

Menurut Rini dan Saudi pasangan suami istri pemilik warung, kehidupan para pekerja di tempat proyek berjalan seperti biasa, pagi hari mereka melakukan kegiatan pribadi mandi, sarapan, ngopi dan merokok di warung miliknya. Sekitar pukul 07.30 mandor bangunan datang ke lokasi proyek, sekitar 20 pekerja memulai kerja sampai pukul 12.00 siang di mereka kemudian makan istirahat salat duhur.

Pukul 13.00-16.00 WIB mereka melanjutkan pekerjaan dan sore sampai malam mereka gunakan untuk cangkringan ngopi, ngerokok, makan sesuai dengan kebiasaannya.

Pulang Kampung Sebulan Sekali

Para pekerja ini pulang sebulan sekali selama 3-4 hari untuk bertemu keluarga sambil membawa uang hasil bekerja sebulan.

Setelah dirasa cukup di rumah mereka akan kembali ke proyek, mulai pekerjaan lagi sampai pembuatan rumah contoh selesai. Menurut Robi sang Pemborong Proyek rumah contoh harus selesai sepekan sebelum hari raya Idul Fitri dua bulan lagi.

Kehidupan para pekerja proyek bangunan begitu keras yang harus mereka jalani demi keluarga tercinta di rumah.

Tak perlu malu, tak perlu menyesal bekerja di proyek perumahan, jasa mereka luar biasa menyediakan ribuan unit rumah untuk keluarga yang menginginkan rumah untuk kehidupan keluarga.

Di komplek bangunan, 04-03-2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ternyata di luar sana ada sisi kehidupan yang lain bersyukur kita bisa kumpul keluarga setiap hari

05 Mar
Balas



search

New Post