Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perpusnas Destinasi Wisata Wajib Bagi Penulis (H-258 (976))

Perpusnas Destinasi Wisata Wajib Bagi Penulis (H-258 (976))

Lomba Menulis IPP Jakarta

Karya : Drs. Ahmad Syaihu

Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Jakarta sebagai ibukota Negara merupakan kota megalopitan yang menawarkan berbagai destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh siapa saja yang berkunjung ke sana.

Ada Monas yang puncaknya berupa emas seberat 17 kg, ada TMII, Pesona Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, Masjid Istiqlal, Istana Negara, Gedung MPR/DPR dan berbagai tempat terkenal yang bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

Pernahkah Anda berkunjung ke Perpustakaan Nasional? Kalau sudah pernah Alhamdulillah kalau belum pernah, usahakan suatu ketika bila sedang ada tugas ke Jakarta sempatkan diri untuk mampir ke Perpustakaan tertinggi di dunia dengan ketinggian 126,3 m (terdiri dari 27 tingkat, 24 tingkat ke atas dan 3 tingkat bangunan basement yang berfungsi sebagai parkir.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibu kota negara. Gedung Perpustakaan Nasional berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta. Pada tanggal 14 September 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas yang megah yang merupakan Gedung Perpustakaan Nasional tertinggi di dunia.

Mengapa seoang guru, apalagi guru penulis harus berkunjung ke Perpustakaan Nasional? Karena disinilah sumber ilmu, di sinilah terkumpul jutaan buku karya dari seluruh Indonesia, termasuk buku kita yang sudah diterbitkan dan sudah ber- ISBN.

Pengalaman penulis berkunjung ke Perpustakaan Nasional terjadi pada tahun 2018 tepatnnya saat acara Temu Nasional Guru Penulis yang dislenggarakan oleh Mediaguru Indonesia, di mana pada hari kedua peserta diajak untuk mengunjungi Perpustakan Nasional yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia karena dinobatkan sebagai perpustakaan tertinggi di dunia (27 lantai) bandingkan dengan Perpustakaan Nasional Cina yang hanya 11 lantai atau Perpustakaan Nasional Jepang yang hanya 8 lantai, maka tidak cukup sehari untuk mengunjungi setiap lantai yang ada di Perpustakaan Nasional, untuk kenyamanan pengunjung, setiap hari kecuali hari libur nasional dan cuti bersama. Jam buka Perpusnas

Senin-Jumat : 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu- Minggu : 09.00 -15.30 WIB

Bila ingin memiliki Kartu Perpustakaan Nasional kita bisa mencetaknya di lantai dua, dengan cara mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan identitas diri yang resmi seperti KTP/SIM/Paspor dan bersedia di foto oleh petugas untuk dijadikan foto pada Kartu Perpustakaan Nasional yang akan dicetak berupa Kartu Perpustakaan Nasional. Cetak Kartu Perpusnas juga bisa dilayani secara online. Apabila kita sudah memiliki Kartu Pepusnas maka kita bisa meminjam buku di Perpusnas yang jumlahnya mencapai jutaan eksemplar dan judul.

Selain koleksi buku Peprustakaan Nasional juga mengoleksi berbagi sumber belajar seperti, majalah, manuskrip, film, video, barang-barang kerajinan dari seluruh dunia, barang-barang koleksi Presiden Republik Indonesia yang berasal dari Cindera Mata yang diperoleh oleh Presiden dari seluruh wilayah Indonesia dan dari seluruh dunia.

Sebagai seorang penulis maka wajib kiranya kita mengunjungi Perpustakaan Nasional sebagai bentuk kecintaan kita dengan berbagai benda literasi, juga buku karya kita yang sudah diterbitkan dan ber-ISBN, karena memang dalam aturannya ketika sebuah penerbit menerbitkan sebuah karya yang Ber-ISBN maka ada kewajiban dari penerbit untu menyerahkan buku hasil terbitannya ke Perpusnas, Perpusda dan ke penulisnya, jadi kita bisa menyaksikan buku kita terpajang, tersimpan dan bisa dibaca oleh siapa saja yang berkunjung ke Perpustakaan Nasional.

Sebaiknya saat berkunjung ke Perpusnas kita membawa buku karya kita untuk diserahkan ke petugas Perpusnas dan kita abadikan dalam sebuah foto kenagan.

Penulis bersama Samsusdin Simatupang penulis Jakarta (tengah) dan CEO Mediaguru Mohammad Ihsan di depan gedung Perpusnas saat acara TNGP 2018 (dokpri)

Untuk kenyamanan pengunjung Perpustakaan Nasional juga dilengkapi dengan kantin, kamar mandi dan toilet, musholla, tempat bermain anak, studio film, parkir yang luas yang bisa menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor dan tentunya berbagai spot untuk berselfi ria bagi pangunjung yang ingin mengabadikan kenangannya di Perpustakaan Nasional.

Penulis bersama rekan penulis dari Jakarta dan Jawa Barat di Perpusnas pada acara Temu Nasional Guru Penulis (TNGP - 2018)

Profil Penulis :

Drs. Ahmad Syaihu, Lahir di Gresik 30 Agustus 1967, Sarjana Pendidikan Geografi IKIP Surabaya (1990), adalah Guru IPS di MTsN 4 Kota Surabaya, Penulis 11 buku pribadi dan 70 buku Antologi sejak 2017-2022, lebih dari 19 kali menang Lomba Menulis Buku Antologi yang diadakan oleh Mediaguru, mulai dari Buku Selamat Datang Mas Nadiem sampai lomba terakhir Cinta Literasi Berbuah Prestasi

Buku tunggal pertamanya Pak Guru Menjadi Tamu Allah (2018), lima buku tunggal terakhirnya adalah Jiwa-Jiwa yang Cendayam (2020), Atas Nama Takdir (2020) dan Secangkir Kopi Kala Senja (2020), Merapal Kerinduan (2021), Membingkai Waktu (2021). Penulis bisa dihubungi melalui WA di nomor 082233554444 arau lewat email: [email protected] dan [email protected] akun di gurusiana drs.ahmadsyaihu.com.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen mas. Semoga lolos menjadi salah satu pemenang.Salam sehat dan sukses selalu. Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan.

16 Sep
Balas

Alhamdulillah Barokallah, sehat dan sukses selalu

16 Sep

Tulisan selalu keren dan dinanti. Semoga menang ya Pak. Sukses selalu.

15 Sep
Balas

Alhamdulillah Barokallah Bu Wigati

15 Sep

Luar biasa, sukses Pak Syaihu

16 Sep
Balas

Barokallah Pak Rochadi, sehat dan sukses selalu

16 Sep

Kereen, pak Haji. Ulasannya sangat mengundang tuk datang. Salam sukses selalu.

16 Sep
Balas

Alhamdulillah semoga suatu saat ada kesempatan untuk ke sana

16 Sep

Kereen banget pengalaman indah dan ditulis sangat menarik

15 Sep
Balas

Alhamdulillah Barokallah Bu Murini

15 Sep

Keren ulasanya Pak Ahmad, semoga berhasil Pak, salam sehat dan sukses selalu.

16 Sep
Balas

Mantap ulasannya. Semoga lolos lagi ya Pak Haji.

16 Sep
Balas



search

New Post