Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Suasana Kampung Halaman yang Dirindukan Saat Mudik Lebaran (H-1190)

Suasana Kampung Halaman yang Dirindukan Saat Mudik Lebaran (H-1190)

Masa anak-anak menjadi pondasi pembentukan karakter sebagai bekal menuju kehidupan di masa depan.

Saat Lebaran di kampung halaman ada beberapa nostalgia yang bisa menjadi daya tarik orang untuk mudik dan merayakan hari kemenangan di kampung halaman.

Apa saja yang dirindukan di kampung halaman

1. Suasana alam di kampung yang masih hijau segar dan alami, menjadi udara segar, apalagi kalau kampung halamannya ada di daerah pegunungan dengan sungai jernih yang mengalir, burung burung dengan kicaunya merdu didengar, dan cuaca tidak panas, menjadikan kerinduan untuk pulang ke kampung halaman begitu besar.

2. Suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang erat antara warga di kampung, suasana yang harmonis penuh persaudaraan menjadikan kita selalu ingin pulang saat lebaran tiba.

3. Makanan khas kampung halaman seperti nasi jagung, nasi empok, nasi krawu, dan makanan ringan khas lebaran seperti rengginang, wajik, keciput,jepit, kripik singkong, tape ketan, madu mongso dan makanan khas lainnya yang biasanya hanya muncul saat lebaran.

4. Memori permainan tradisional saat kecil seperti betengan, layangan, patil lele, gobak sodor, tari sarung, pukul bantal, mandi di sungai, jurit malam dan lainnya.

5. Keliling kampung saat idul Fitri untuk bersilaturahmi unjung-unjung berharap dapat sangu (angpao lebaran) dari tuan rumah, hasilnya dibeli mercon atau petasan untuk meramaikan suasana lebaran.

6. Makan gratis di setiap rumah yang disinggahi saat keliling kampung untuk unjung-unjung, biasanya di rumah orang yang kaya, perangkat desa, atau rumah Pak Haji dan Bu Haji, juga di rumah pak Kyai selalu menyiapkan makanan untuk tamunya.

Apa yang anda rindukan dari kampung halaman Anda?

Istanaku, 25 April 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bahagia nggih Pak, lebaran bersama saudara di kampung halaman. Mohon maaf lahir batin nggih Pak

25 Apr
Balas

Alhamdulillah Bu Titik, Minal Aidzin Wal Faizin

25 Apr



search

New Post