Aisyah Hany Auliya

Aisyah, seorang yang senang membaca. Membaca apa saja yang memberi manfaat. Manfaat yang bisa beranak pinak....

Selengkapnya
Navigasi Web
Air Terjun Aek Martua
📷 Seputarriau.co

Air Terjun Aek Martua

Haaai...., untuk Anda penggemar wisata khusus yang eksotik, saya ingin mengenalkan sebuah destinasi yang keren, nih.

Wisata khusus...? Kok...? Eksotis...? Yakin...?

Iya..., iya..., Ich, gak percayaan banget deh. Nama destinasinya adalah Air Terjun Aek Martua.

Nama Aek Martua, berasal dari bahasa suku Mandailing yang berarti air bertuah.

Air terjun Aek Martua, terletak di dusun Huta Padang, desa Tangun, kecamatan Bangun Purba, kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Air terjun ini berhulu dari sungai yang terdapat di bukit Simalombu yang merupakan gugusan Bukit Barisan. Air Terjun Aek Martua sejatinya merupakan terusan dari aliran sungai tersebut.

Berada di pedalaman hutan yang masih perawan, Air Terjun Aek Martua menawarkan keindahan yang sangat eksotis.

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Setiap tingkatan memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter sampai yang tertinggi mencapai 40 meter.

Pada tingkatan air terjun yang pertama dengan hamparan batu cadas yang cukup luas, kita bisa bermain air sepuasnya. Mandi di bawah curahan air terjun, memberikan sensasi tersendiri. Hempasan air yang lumayan kuat, serasa mendapatkan pijatan refleksi di sekujur tubuh. Hamparan batu di dasar air terjun dengan kemiringan yang tidak begitu curam disertai derasnya air yang mengalir, menjadi wahana seluncuran alam yang menyenangkan. Gak percaya kalau keren? Nih, saya pamerin kekerenan air terjun di tingkat pertama tersebut.

Cakep kan...? Percaya deh dengan apa yang saya pamerkan. Tingkatan pertama ini merupakan destinasi favorit saya. Mandi di bawah jatuhan air terjunnya itu..., terus berendam di batangan sungai yang berarus deras, rasanya... hhmmm banget. 🤩🤩🤩

Bagi yang memiliki kemampuan berenang, air terjun kedua akan memuaskan hasrat berenang Anda. Dengan kolam alaminya Anda bisa mandi dan berenang sepuasnya. Sebuah palung yang disediakan alam. Saya sih gak begitu ambisi ke tingkat kedua ini. Saya gak pandai berenaaang.... 😂😂😂 Tapi sebagai bucin kamera, tingkat ke dua tetap layak didatangi... Lah iya, kan buat foto-foto dan dipamerin di instagram... Ha... ha... ha... hidup pemuja selfi....

Air terjun ketiga mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Anda harus memiliki keahlian panjat tebing untuk menuju air terjun tertinggi tersebut. Bila Anda memiliki nyali, meskipun tidak memiliki keahlian panjat tebing, Anda tetap bisa mencapai lokasi air terjun ke tiga. Di tebing yang menjulang, tersandar tangga yang terbuat dari kayu.

Pemandangan yang disuguhkan alam ini sungguh sangat mengagumkan dan menyegarkan. Airnya begitu jernih dan mengalir deras, pemandangan hutan yang sangat menawan, menjadikan udara di sekitar air terjun tersebut sangat segar dan menyejukkan.

Pemandangan eksotis yang diberikan destinasi air terjun Aek Martua, tentu saja tidak bisa Anda nikmati dengan mudah. Ho... ho... ho... Anda harus memperjuangkannya.

Dari pintu masuk obyek wisata ini, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jembatan gantung dan jalan setapak sejauh kurang lebih 3,5 km. Di sini saja, Anda sudah disuguhi keindahan perkebunan sawit.

Setelah melewati jalan setapak tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan sejauh 3 km melewati hutan lindung. Perjalanan ini memang sangat menguras tenaga karena harus melalui jalanan tanjakan dan turunan yang lumayan curam. Jadi selain fisik yang harus dipersiapkan, kehati-hatian juga harus dijaga. Namanya juga wisata khusus. Itu dulu. He... he... he...

Udah deh, gak usah khawatir. Pemkab Rokan Hulu sudah mendandani akses ke air terjun. Kalau dulu, saya beserta teman-teman menempuh perjalanaan selama kurang lebih 2,5 jam, sekarang kabarnya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit.

2,5 jam itu tidak murni berjalan terus tanpa jeda. Tapi banyak jedaaanyaaa.... Namanya juga bucin kamera... Pantang melewatkan tempat-tempat yang instagramable. Panjang umur pejuang selfi....😂😂😂

Sudah.... sudah.... ntar malah pada pengen. Maafin saya ya, sudah pamer...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Gaya penulisan Mas Eko he he

08 Feb
Balas

Mas Eko, Pemred?.... Masa sih?

08 Feb



search

New Post