Aisyah Nurlaela

Aisyah Nurlaela, guru Bahasa Indonesia di SMP Islam Islam Cendekia Cianjur. Hobi menulis digelutinya sejak di bangku sekolah hingga kini. Motto : ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Kesepakatan Kelas Melalui Jamboard

Membuat Kesepakatan Kelas Melalui Jamboard

Membuat Kesepakatan Kelas Melalui Jamboard

( Tugas PGP modul 1.4)

Peraturan merupakan sebuah tatanan ( petunjuk, kaidah, ketentuan) yang dibuat untuk mengatur (KBBI). Peraturan seyogianya dilaksanakan dengan baik dan penuh kesadaran karena peraturan dibuat untuk tatanan hidup yang tertib dan lebih baik. Peraturan yang dibuat sepihak kadang memberatkan bagi individu yang menjalankannya, walau demikian, karena menjadi bagian dari organisasi, tentu saja semua anggota harus mampu menjalankannya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Bagaimana jika sebuah peraturan dibuat atas kesepakatan yang dibuat oleh anggota komunitas? Tentu saja hal ini akan membuat anggota menjadi lebih semangat dengan kesadaran diri karena peraturaan yang dibuat merupakan hasil kesepakatan semua anggota.

Salah satu tugas dari modul 1.4 Pendidikan Guru Penggerak adalah mempraktikan budaya positif, yakni menyusun kesepakatan kelas, untuk itu saya harus melakukan pertemuan dengan peserta didik.

Hal pertama yang saya lakukan untuk membuat kesepakatan kelas adalah menghubungi wali kelas VIII E untuk meminta izin melakukan video confrence bersama siswi kelas tersebut yang akan saya ajar pada tahun pelajaran 2020/2021 nanti, lalu membuat link meeting , membuat jadwal, membuat materi diskusi pada jamboard, serta menginformasikannya melalui grupp Watsapp.

Tiba waktu pelaksanaan, saya memimpin kelas, membuka kelas, menyapa peserta didik dengan ramah, kemudian saya menyampaikan tujuan, memberikan informasi sedetil mungkin apa itu kesepakatan kelas serta manfaatnya untuk peserta didik secara individu maupun kelas, kemudian menyampaikan informasi bagaimana caranya menulis di papan virtual jamboard.

Peserta didik secara antusias mengikuti, walaupun masih ada yang belum aktif memberikan komentar nya, mungkin masih bingung.

Setelah kurang lebih 30 menit, berlalu, maka didapatlah kesepakatan kelas IX E yang isinya merupakan ide-ide yang mereka keluarkan walaupun awalnya agak sungkan, dan ini merupakan tantangan bagi saya, namun terus dimotivasi akhirnya ide itu muncul dan jadilah sebuah kesepakatan kelas yang mereka susun pada papan tulis virtual jamboard.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post