Aisyah Nurlaela

Aisyah Nurlaela, guru Bahasa Indonesia di SMP Islam Islam Cendekia Cianjur. Hobi menulis digelutinya sejak di bangku sekolah hingga kini. Motto : ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Pembelajaran Melalui Padlet dan Mentimeter

Refleksi Pembelajaran Melalui Padlet dan Mentimeter

Diary Guru ( Tagur 2)

Alhamdulillah selesai sudah KBM untuk hari ini, ada kepuasan tersendiri jika sudah melaksanakan kewajiban negara yang satu ini, selain beres memberikan materi, memeriksa tugas, ada bonus lagi yakni bertatap muka dengan murid-murid tercinta yang antusias walaupun lewat virtual google meet.

Cukup melelahkan sebetulnya, mulai dari perencanaan, skenario pembelajaran, pelaksanaan sampai penilaian, belum lagi jika jaringan agak kurang bagus, seringkali membuat jengkel, dan terpaksa harus terlempar dari meeting bersama anak-anak, jika terjadi demikian, biasanya WA menjadi penyelamat komunikasi yang efektif bersama anak-anak sebelum akhirnya masuk kembali ke ruang kelas, ups room meeting maksudnya.

Materi yang saya sampaikan hari ini adalah menelaah struktur dan aspek bahasa teks cerita inspiratif yang saya unggah pada mading digital padlet seperti yang saya paparkan pada tulisan sebelumnya.

Seperti biasa, saya mulai pembelajaran dengan memberikan informasi kepada siswa melalui watsapp, kemudian mengarahkan siswa untuk membuka LMS ( learning manajement system) sebagai platform resmi dan wajib yang ada di lingkungan sekolah kami (SICC), di LMS tentu saja sudah lengkap dan jelas instruksi yang harus dikerjakan oleh siswa seperti masuk ke GC, bookwidgets, menti meter atau padlet, nah untuk kali ini saya menggunakan padlet untuk mengunggah bermacam materi seperti PPT, link youtube, dan informasi tugas.

Anak-anak antusias sekali dengan mading digital kelasnya, mereka bisa interaksi langsung dengan teman-temannya pada mading virtual ini, saling memberi komentar, saling memberikan emotikon love, dan tentu saja bisa refleksi pembelajaran juga di sini.

Secara tidak langsung, penilaian sikap disiplin, santun dan juga keaktifan bisa kita manfaatkan dari fitur komentar, nah untuk nilai pengetahuan juga bisa disematkan di mading virtual ini, siswa bisa mengupload tulisan, foto atau bahkan video.

Ohya sebetulnya ada platform khusus yang bisa dijadikan sebagai survey untuk refleksi yakni mentimeter, fitur survey pendapat dan komentar mengenai materi juga bisa dimanfaatkan dari platform yang satu ini, selain berupa grafik dengan berbagai bentuk menarik seperti pie, donat, pohon kosa kata, grafik biasa dan sebagainya, kita juga bisa mendownload hasilya dalam bentuk file excel.

Alhamdulillah, semakin banyak platform yang kita kuasai, semakin mudah dan ringan cara kita mengajar, semoga semakin antusias juga para siswa, karena semakin mereka antusias, semakin dekat juga hati ini dengan mereka, semakin ringan beban, semoga semakin dirindukan untuk pertemuan-pertemuan berikutya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap media pembelajarannya

15 Feb
Balas

Keren ulasannya tentang berbagai media pembelajaran secara daring. Sukses bu

15 Feb
Balas



search

New Post