AJUN PUJANG ANOM

Seorang guru yang sedang menikmati bagaimana bahagianya menjadi seorang guru....

Selengkapnya
Navigasi Web
Prinsip Yang Keukeuh dalam Menulis
https://www.dreamstime.com/stock-illustration-boy-pencil-character-cute-little-holding-big-funny-friend-image41181288

Prinsip Yang Keukeuh dalam Menulis

SI A

Sampeyan jadi penulis, tapi enggan untuk men-survei apa yang ada di pikiran pembaca. Ini sama artinya kerjaan menulis sampeyan itu sia-sia.

SI B

Lha terus gimana survey-survey-an itu?

SI A

Ya tanya saja ke sana ke ahlinya.

SI B

Ini orang nggak bertanggung jawab. Udah berani ngeritik, tapi tak ada solusi.

SI A

Lha itu solusinya, tanya yang ngerti.

SI B

Capede. 🤦🏻‍♂

Pernahkah Anda sebagai penulis menerima celaan semacam ini? Jika belum, mungkin suatu saat mendapatkan. Bisa jadi dengan redaksional dan konten yang berbeda.

Bagaimana respon kita yang selayaknya? Tetap direnungkan, tapi dalam prosesnya, jangan menyalahkan diri. Berarti tulisannya masih jeleklah. Kurang berbobotlah. Dan lah-lah lainnya.

Jangan terjebak pada prasangka ini. Sebab tiap orang punya persepsi dan pengetahuan yang berbeda. Tak menjamin seorang pakar selalu handal di tiap kesempatan. Dia tentu juga pernah mengalami tergelincir.

Khawatir dicap kepedean? Penulis yang baik itu harus high-confidence. Jangan mudah dibelok-belokkan. Prinsipnya harus keukeuh. Meski ini juga ada resikonya. Tapi apalah arti resiko? Jika memang itu setimpal.

Bojonegoro, 28 Agustus 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hayuk, tetap saja selamat dan semangat menulis.

29 Aug
Balas

Masih tetap di sini untuk menulis...semangat..

29 Aug
Balas



search

New Post