AKHMADI, SH

Saya adalah seorang guru ASN yang bertugas di SMP Negeri 44 Jakarta, meluangkan waktu untuk menulis dengan niat berbagi pengalaman kepada pembaca, tugas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H  2024 M di Masjid Al Ikhwan
Isra Mi' raj di Masjid Al Ikhwan

Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H 2024 M di Masjid Al Ikhwan

 

 

Ahad, 25 Februari 2024 remaja Masjid Al Ikhwan yang tergabung dalam Ikarisma (Ikatan Remaja Islam Masjid Al Ikwan) mengadakan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dengan tema” Implementasi Hikmah Perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam Menerima Perintah Sholat” kegiatan ini adalah kegiatan perdana bagi remaja Masjid Al Ikhwan. Segenap pengurus DKM konsiten dan berupaya semaksimal mungkin melibatkan semua kegiatan kepada remaja Masjid Al Ikhwan dengan tujuan untuk memperoleh pengalaman sekaligus bagian dari kaderisasi kepengurusan DKM Masjid Al Ikhwan.

Hadir pada peringatan Isra Mi'raj ini yaitu ketua DKM Masjid Al Ikhwan Bapak Achmad Gojali, SE, ketua Yayasan Masjid Al Ikhwan Bapak H. Maisyur Sofian, para tokoh agama, tamu undangan, jamaah Masjid Al Ikhwan dan penceramah yaitu Ustad Harry Cahyo salah satu peserta Aksi Indosiar. Kegiatan diawali oleh majlis taklim kaum Ibu berupa sholawatan dimulai dari jam 07.30 - 8.30 WIB, kemudian dilanjutkan acara pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran dan sambutan-sambutan. 

Sambutan pertama oleh ketua panitia yaitu ananda Muhammad Bintang Bayutama,  sambutan kedua dari ketua DKM Masjid Al Ikhwan yaitu Bapak Achmad Ghozali, SE, pemutaran video kegiatan yang telah dilakukan oleh remaja Al Ikhwan kemudian dilanjutkan acara rebana dari remaja Masjid Darul Muttaqin dan dilanjutkan acara inti yaitu ceramah dari Ustadz Harry Cahyo. 

Isi ceramahnya antara lain bahwa Dalam bahasa Arab, Isra Miraj biasanya ditulis sebagai al-'Isra' wal-Mi'raj (الإسراء والمعراج). Istilah ini terdiri atas dua kata, yaitu isra' dan mi'raj. Keduanya sendiri memiliki arti yang berbeda. Kata isra' berasal dari kata sara yang artinya 'perjalanan malam'. Sementara itu, mi'raj dalam bahasa Arab berarti 'kendaraan'. isra' adalah berangkatnya Rasulullah SAW pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Sementara itu, mi'raj adalah berangkatnya Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsa naik ke langit tujuh lapis ke Sidaratul Muntaha. 

Hikmah Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yaitu berupa perintah untuk melaksanakan salat lima waktu. Ustadz juga menyampaikan bahwa melaksanakan salat berarti melaksanakan rukun Islam. Ceramah berakhir jam 11.15 dan diakhiri doa penutup yang dipimpin oleh Ustadz Subur. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik, lancar dan mudah mudahan kegiatan yang akan datang akan lebih baik dan meriah lagi.

 

 

 

Oleh: Akhmadi, SH

Koordinator Seksi Ta’lim, Dakwah dan PHBI Masjid Al Ikhwan, Perumahan Mangun Jaya Indah 2, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post