[email protected]

Saya seorang Guru SD ...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-1AKHMAD TOHA CGP ANGKATAN 9 KAB. BOJOENGORO

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-1AKHMAD TOHA CGP ANGKATAN 9 KAB. BOJOENGORO

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-1

AKHMAD TOHA CGP ANGKATAN 9 KAB. BOJOENGORO

Saya menggunakan Model 1 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway

Fact

Pendidikan Guru Penggerak di mulai Tanggal 16 Agustus 2023 dan berakhir pada Tanggal 28 april 2024, setelah jadwa pengumuman terbit ada perasaan senang dan gembira karena saya terpilih untuk mengikuti PGP Angkatan 9 tahun 2023, namun ada kekhawatiran pada diri saya terutama waktu pendidikan yang lama dan padat saya khawatir tidak bisa mengikuti kegiatan PGP dan KBM tidak maksimal, Namun setelah pendidikan dimulai dan masing-masing saling kenal pembelajaran tentang makna pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara yang dibimbing Bpak. Fasilitator dan Pengajar praktik yang ramah dan selalu memberikan materi.

pengalaman saya selama mengikuti pendidikan tersebut bisa mengatasi kesulitan saya selam ini dalam kegiatan belajar dikelas, salah satu contoh saya mengambil makna pendidikan yang menuntun, pendidikan yang berpihak pada murid dan Trilogi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Feelings

Seru dan senang bisa berbagi pengalaman tentang apa yang sudah saya lakukan dalam kegiatan belajar mengajar , banyak refleksi dari fasilataor, pengajar praktik dan teman CGP lainnya, saya bisa langsung dapat solusi apabila ada sesuatu yang kurang pas dalam mendidik anak,

Dikelas saya menjadi lebih percaya diri dalam memberikan materi pelajaran pada anak didik saya, mencari hal baru dalam memulai pembelajaran contohnya sebelum kegiatan dimulai saya mengajak siswa untuk melakukan ice breaking dulu agar anak semangat dalam mengikuti materi pelajaran.

Kegiatan Belajar Mengajar lebih seru dan mneyenagnkan, anak-anak termotivasi , inovatif dan kretaifnya mulai muncul murid juga sering berkomunikasi dengan bahasa yang lebih sopan dari sebelumnya. hal ini tentu saya merasa bangga karena murid saya dapat menerima materi apa yang saya harapkan

Findings

Pembelajaran yang selama ini saya dapatkan adalah pendidikan harus sesuai dengan Kodrat anak yaitu Kodrat alam dan Kodrat Zaman.

Kodrat alam bagi anak-anak adalah bermain sehingga guru harus bisa mendidik anak dengan kasih sayang, guru yang selalu dirindukan muridnya, maka sebagai guru hanya bisa menuntun murid agar tidak terjebak pada jalan yang salah murid juga dibekali dengan pendidikan Budi Pekerti yang luhur.

Dalam pendidikan Kodrat Zaman guru dituntut harus bisa menghadirkan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman , Dengan demikian saya harus mau dan mampu untuk terus belajar sesuai dengan perkebangan zaman , agar Pembelajaran dikelas tidak membosankan dan saya dapat memberiakan gagasan-gagasan baru yang inovatif dan kreatif untuk muri-murid.

Future

Penerapan yang saya lakukan saya akan melakukan transformasi pembelajaran yang berpihak pada murid secara terus menerus, memberikan pengalaman belajar yang inovatif, kreatif dan kolaboratif.

saya akan terus belajar secara mandiri untuk menambah ilmu pengetahuan yang dapat menunjang pembelajaran dikelas maupun diluar kelas . lebih semngat mengikuti Pendidikan Guru Penggerak dan bisa berbagi denga teman sejawat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, sukses selalu.

12 Oct
Balas



search

New Post