Sumiati

Saya lahir di Malang kabupaten tepatnya 29 Mei 1972 . SDN Kalianyar 2 Kecamatan Tamanan Kabupaten BondowosJawa Timur Kota kecil di kaki bukit Gunung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rangkuman Materi Matematika Kelas IV Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan
( Sumber : google.com )

Rangkuman Materi Matematika Kelas IV Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan

#TantanganGurusiana Hari Ke-13 

Bondowoso, 5 Agustus 2020

Segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan adalah materi yang sering membingungkan bagi peserta didik. Untuk mempelajarinya bisa menggunakan beberapa istilah yang harus dipahami, yaitu :

1. Garis adalah bentuk geometris yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak dan hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang atau kumpulan dari titik-titik yang merupakan suatu komponen pembentuk bangun datar dan bangun ruang.                                                                                                   Ada beberapa jenis garis, yaitu :                                                                                                    a.) Garis lurus adalah garis penghubung terpendek antara dua titik yang tidak bertepatan. Contoh garis lurus :

b.) Garis Lengkung  adalah garis yang sama sekali tidak mempunyai bagian lurus atau menyiku           dan semua titik-titiknya terletak pada suatu bidang ( bisa bangun datar atau bangun ruang ). Contoh garis lengkung :

2. Sinar Garis adalah sebuah garis yang memiliki satu titik ujung dan ujung yang lain membentang tak terbatas ( ditanda dengan tanda panah pada ujung garis ).

3. Bangun Datar merupakan sebuah bidang datar yang dibatasi oleh garis lurus atau garis lengkung. Contoh bangun datar :

4. Segi Banyak adalah bangun tertutup dengan sisi yang terdiri atas garis lurus atau kurva tertutup yang dibatasi oleh garis.

5. Segi Banyak Beraturan memiliki sisi yang sama panjang, merupakan bangun tertutup, memiliki 3 sudut, jumlah sudut sama dengan jumlah sisi, sisinya dibatasi oleh garis lurus bukan garis lengkung. Contoh yang tepat adalah

6. Segi banyak tidak Beraturan adalah bangun tertutup yang tidak hanya terdiri atas garis saja melainkan kurva lengkung, dan tidak memiliki sudut dengan ciri panjang sisi bangun tidak sama dan besar sudut tidak sama. Contoh segi banyak tidak beraturan :

7. Sudut adalah besaran rotasi suatu ruas garis dari satu titik pangkal ke posisi lain. Pada bangun datar sudut adalah ruang antara dua buah garis lurus yang saling berpotongan.                                      Jenis-jenis sudut:                                                                                                                           a.) Sudut Lancip adalah sudut yang bsar sudutnya kurang dari 90 derajat. Contoh sudut lancip :

 b.) Sudut siku-siku sudut yang ukuran sudutnya 90 derajat. Contoh sudut siku-siku:     

 

 c.) Sudut Tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat dan kurang dari 180 derajat. Contoh sudut tumpul :

 d.) Sudut Lurus adalah sudut yang besar sudutnya 180 derajat. 

 e.) Sudut Refleks yaitu sudut yang besarnya lebih dari 180 derajat dan kurang dari 360 derajat. Contoh sudut refleks :

 f.) Sudut Perigon yaitu sudut yang memiliki ukuran tepat 360 derajat.

8. Tangram adalah sebuah permainan teka-teki transformasi yang terdiri dari 7 keping potongan. Tujuannya adalah untuk membentuk pola tertentu dengan menggunakan 7 potongan yang tidak tumpang tindih. Contoh tangram :

Jika Pengertian di atas dipahami dengan benar, maka akan dapat dengan mudah membedakan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : SUMIATI SDN KALIANYAR 2 KEC TAMANAN KAB BONDOWOSO PROV JAWA TIMUR

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post