Asada Anthaa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bunda Aku Malas Puasa

Bunda Aku Malas Puasa

Bagi anak puasa itu melelahkan

Bagi anak puasa itu membuat tidak nyaman

.........................

 

Bagaimana selaku orang tua kita bisa membuat anak kita nyaman dalam berpuasa ????

1. Bercerita

Ceritakan dari buku kepada anak tentang orang yang berpuasa,

Contoh buku : "Aku belajar Puasa", "Yuk, belajar puasa". "Fathul belajar Puasa", dari situ anak akan memaknai puasa lebih baik.

........................

2. Contoh

Contohkan kepada anak bahwa kita juga berpuasa, dan lihat sekeliling bahwa semua pun berpuasa.

Datang ke tetangga untuk melihat mereka berpuasa, kepada temannya bisa datang langsung atau via hp, bisa juga datang ke sanak saudara. Tekankan kepada anak bahwa puasa itu wajib.

......................

3. Lakukan dengan bertahap

Apabila usia anak anda di bawah 7 tahun, anda bisa mengajarkan anak berpuasa mulai dari beberapa jam terlebih dahulu, kemudian semakin bertahap hingga setengah hari, anda bisa menambahkan jam puasanya sampai anak mau berpuasa hingga hari penuh.

...................

4. Beri Pengertian kepada anak

Beri tahu kepada anak bahwa kita punya lambung yang setiap kita makan dia akan bekerja tanpa henti, nah ini saatnya lambung bisa istirahat, ketika lambung istirahat dia akan membersihkan tubuh kita dari racun racun yang sering kita konsumsi di makanan.

...................

5. Memberi makan sahur dan buka yang anak suka

Ketika punya uang bisa kita lakukan, tapi ketika uang sedang pas passan. Cukup siapkan makanan yang sehat dan bergizi pada anak. Sampaikan kepada anak bahwa berpuasa itu kita harus sabar, sabar dalam keinginan memilih makanan. Lihat saja mereka yang miskin mereka makan seadanya kadang pun tidak makan. Ketika dia dewasa dia akan paham hal ini.

.............

6. Beri penghargaan kepada anak

Ketika anak menjalankan puasa dengan baik atau sampai magrib, kita bisa memberikan penghargaan kepada anak. Tidak harus berbentuk materi, dengan sentuhan dan kecupan sayang pun bisa dilakukan, bisa juga kita sampaikan kepada anak boleh memilih baju yang dia sukai hadiah untuk puasa, tergantung minat anak apa

...............

7. Tidak memaksa anak

Usia anak berpuasa itu bisa ketika anak umur 7 tahun. Diumur itu anak jangan dipaksakan dan dibentak, tapi ajak anak berpuasa dari hati. Tapi jangan sampai besar anak masih tidak bisa berpuasa loh.

sumber : google hppt:bidanku.com

sumber gambar : Islami.co

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Insyaalah ke 3 anakku tidak ada yg menolak puasa ketika mereka masih kecil,malahan aku nyuruh puasanya setengah hari saja sewaktu umur mereka 6 tahun tapi annku nolak abang kuat ma katanya

24 Apr
Balas

Orang tua yg baik..punya sejuta metode untuk Mengajar anak..mantap bunda

26 Apr
Balas

Semua ibu itu dilahirkan menjadi orang orang hebat. Doa yang sama untuk ibu risma

30 Apr

Pinternya

24 Apr
Balas



search

New Post