Ali Harsojo

Saya adalah pribadi yang sangat sederhana dilahirkan di kota kecil Sumenep, Madura. Suka berkolaborasi dan bersinergi. Selalu ingin mencari tahu setiap ilmu yan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Cara Mudah Menyusun Modul Ajar Observasi Integrasi Perilaku Indikator Disiplin Positif

Masihkah bapak ibu bingung dalam melaksanakan observasi kelas? Khususnya dalam menyiapkan modul ajarnya?

Nah, memang modul ajar ini opsional untuk diungga. Namun, sebaiknya memang diunggah. Jika tidak diunggah, guru seharusnya mengajukan secara fisik kepada kepala sekolah agar diperiksa. Pada artikel ini, selain juga dipaparkan indikator perilaku disiplin Positif, juga disajikan tentang Download File Contoh Modul Ajar atau RPP Indikator Disiplin Positif pada Pengelolaan Kinerja PMM.

Download File Contoh Modul Ajar atau RPP Indikator Disiplin Positif pada Pengelolaan Kinerja PMM ini dapat dilakukan dengan cara menyimak video penjelasannya pada bagian akhir tulisan ini. Tentu saja hal ini sebagai informasi sangat penting bagi guru yang akan melaksanakan observasi kelas pada pengelolaan kinerja.

Apakah integrasi perilaku itu hanya berlaku pada observasi kelas? Sebenarnya, tidak saja pada saat kegiatan observasi. Namun, setiap kegiatan pembelajaran juga perlu mengitegrasikan dengan perilaku sesuai dengan indikatornya.

Artinya, dalam hal mengajar, memang perlu memunculkan indikator perilaku. Caranya, dari indikator disiplin Positif dimasukkan pada kegiatan pembelajaran. Sehingga, setiap sub indikator muncul dalam proses pembelajaran.

Indikator Disiplin Positif Fokus Perilaku : Guru melakukan Refleksi Dinamika Kelas untuk menerapkan kesepakatan kelas - Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi dinamika kelas mengacu pada kesepakatan kelas: - Guru menunjukkan kesediaan mendengarkan pandangan peserta didik tentang dinamika kelas - Guru bersikap adaptif sehingga bersedia mengubah kesepakatan kelas bila diperlukan:

Fokus Perilaku : Guru melakukan Penguatan Positif terhadap perilaku yang sesuai atau mendukung kesepakatan kelas - Guru memberi pujian terhadap perilaku peserta didik yang sesuai kesepakatan kelas: - Guru memberi penguatan positif dengan beragam cara: - Guru mengakui suatu perilaku positif secara spesifik dan menjelaskan alasannya:

Fokus Perilaku : Guru menfasilitasi peserta didik menyadari konsekuensi dan memperbaiki perilaku melanggarnya (restitusi) - Guru membantu peserta didik menyadari konsekuensinya - Guru mendengarkan sudut pandang peserta didik terhadap perilaku melanggarnya: - Guru memberikan dukungan pada peserta didik dalam melakukan perbaikan perilakunya:Secara teknis tentang cara menyusun modul ajar ini, sebagaimana video berikut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post