Strategi Menjalankan Program dan Kegiatan KKG dengan Mudah
Strategi Menjalankan Program dan Kegiatan KKG dengan Mudah
Tantangan Gurusiana Ke-33
#TantanganGurusiana
Kelompok Kerja Guru (KKG) sebenarnya ruang lingkupnya relatif kecil. KKG hanya melingkupi tidak lebih dari 10 sekolah dalam satu gugus di tingkat kecamatan. Satu kecamatan bisa terdiri dari satu gugus. Biasanya, dalam satu gugus ada satu sekolah inti dan beberapa sekolah imbas.
Tetapi, dengan sedikitnya jumlah sekolah anggota KKG, justru semakin efektif dalam melaksanakan program KKG. Sebab, program akan benar-benar mengenai sasaran yang dikehendaki. Selain itu, juga lebih mudah dalam menganalisis peluang dan tantangannya serta kekuatan dan kelemahannya.
Pengurus Gugus memegang kunci penting dalam mendorong terlaksananya program dan kegiatan yanh digagas oleh pengurus KKG. Pengurus KKG juga harus supercepat menangkap perubahan yang terjadi. Termasuk kebijakan baru di bidang pendidikan.
KKG dibentuk untuk peningkatan mutu pendidikan, pada akhirnya. Secara lebih rinci, KKG yang kami jalankan memiliki tujuan yang hendak dicapai, antara lain sebagai berikut.
A. Tujuan
Tujuan Umum
Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas melalui peningkatan kompetensi, kualifikasi, dan kinerja guru.
Untuk meningkatkan mutu dan profesional guru secara berkelanjutan yang dapat mengubah paradigma pembelajaran kepada arah merdeka belajar yang bermutu.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
Tujuan Khusus
Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, pemetaan SK/KD, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar dan pelaksanaan KBM.
Meningkatkan kompetensi keprofesian berkelanjutan guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG yang meliputi; kegiatan pengembangan diri, penyusunan KTI dan pembuatan Karya Inoivatif pembelajaran.
Memberi kesempatan kepada anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik dalam kegiatan diseminasi karya guru.
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengaplikasikan pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok kerja atau musyawarah kerja guru.
Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
Membantu guru memecahkan/mendiskusikan permasalahan yang diperoleh guru di lapangan pada saat melaksanakan tugas sehari-hari serta menemukan solusi alternatifnya.
Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
C. Sasaran
Sasaran Program dan Kegiatan ini adalah guru-guru sekolah dasar di wilayah gugus satu kecamatan.
D. Hasil yang Diharapkan
Kompetensi guru yang semakin meningkat menuju guru profesional
Kinerja guru semakin baik dan akan diimbaskan kepada guru lainnya.
Menguasai dan mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan merdeka belajar
Mampu dan terampil dalam menyampaikan isi Kurikulum berbasis kompetensi dalam standar proses
Memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan serta berorientasi kepada peserta didik.
Guru dapat mengelola kelas dengan lebih baik
Membina hubungan timbal balik antara SD Inti dan Imbas.
E. Manfaat
1. Bagi Siswa
Memiliki peluang untuk mengikuti pembelajaran yang menyenangkan, bermakna dan bermutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui proses pembelajaran yang bermutu
Terpenuhinya kebutuhan belajar dan memiliki keterampilan yang memadai
Menjadi out put pendidikan yang berkualitas dan memiliki kecakapan yang dibutuhkan
2. Bagi Guru
Memiliki peluang untuk meningkatkan kompetensinya sesuai dengan standar Nasional Pendidikan melalui berbagai kegiatan di KKG
Meningkatkan keprofesionalan guru secara koprehensif dan berkesinambungan
Menghasilkan angka kredit sebagai penghargaan bagi guru
Memahami masalah dan solusi alternatifnya
3. Bagi Sekolah
Memiliki guru-guru yang professional dan mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
Meningkatnya efektifitas kegiatan belajar di sekolah
Meningkatnya mutu pendidikan di sekolah
Dapat memperbaiki pola pelaksanaan kegiatan pendidikan yang lebih maju
4. Bagi KKG
Dapat memberdayakan guru-guru di sekolah, terutama di wilayah gugus
Mewujudkan guru-guru yang kompeten, professional, dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan
Sarana musyawarah dan berbagi kelebihan malalui kegiatan diseminasi
Terwujudkan kebersamaan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya
Kemudian, KKG merumuskan Visi Misi untuk menjalankan program dan kegiatan agar tidak lepas dari cita-cita atau mimpi yang diharapkan. Visi Misi ini menjadi penting adanya, sebab ia adalah pegangan pengurus dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
Contoh visi dan misi yang ditetapkan adalah sebagai berikut.
Visi
Terwujudnya tenaga pendidik yang profesional dsn memliki kompetensi memadai dalam mewujudkan merdeka belajar menuju pendidikan yang bermutu
Misi
Meningkatkan kompetensi guru yang memiliki pengetahuan yang luas dan berkembang yang relevan dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan
Meningkatkan kemampuan guru memilih dan menggunakan berbagai metode di dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya.
Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan
Mewujudkan mutu pendidikan di sekolah yang lebih baik dan relevan dengan tuntutan perkembangan zaman
Visi dan misi tersebut adalah pijakan utma dalam menentukan dan melaksanakan program dan kegiatan KKG. Sebelum program kegiatan dibuat, pengurus KKG melalui rapat pengurus hendaknya dapat mengudentifikasi Kebutuhan Peningkatan Kompetensi guru. Tujuannya adalah agar program dan kegiatan yang ditetapkan tepat sasaran.
Contoh idenrifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi guru dapat dilihat dengan aspek berikut.
Masalah (Gejala)
Penyebab Masalah
Alternatif Pemecahan Masalah
1.
Minimnya persiapan beberapa guru terkait US
Kurangnya koordinasi guru dalam gugus dalam rangka menyiapkannya dengan lebih baik
Persiapan Ujian Sekolah
2.
Perlunya peningkatan kompetensi guru
Relatif kurang adanya forum ilmiah bagi guru
Peningkatan Kompetensi guru
3.
Perlunya persiapan yang lebih matang PAT
Kurangnya koordinasi guru dalam gugus dalam rangka menyiapkannya dengan lebih baik
Persiapan Penilaian Akhir Tahun
4.
Perlunya peningkatan kompetensi guru
Relatif kurang adanya forum ilmiah bagi guru, terutama berkaitan dengan pengemabngan karya inovatif pembelajaran
Pengembangan karya inovatif pembelajaran (PKB)
5.
Adanya perangkat pembelajaran yang perlu penyempurnaan
Jarangnya komunikasi dalam gugus terkait penyusunan perangkat pembelajaran secara bersama
Penyusunan perangkat pembelajaran
6.
Perlunya peningkatan kompetensi guru dalam kegiatan penelitian
Relatif kurang adanya forum ilmiah bagi guru dalam bidang kegiatan penelitian
PKB : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
7.
Perlunya peningkatan kompetensi guru dalam kegiatan presentasi KTI
Relatif kurang adanya forum ilmiah bagi guru untuk mempresentasikan KTI nya
Diseminasi Karya Inovatif Pembelajaran (PKB)
8.
Perlunya peningkatan kompetensi guru dalam bidang literasi
Relatif kurang adanya forum ilmiah bagi guru dalam bidang literasi
Pengembangan guru berkarya
9.
Kurang maksimalnya guru menguasai metode mendongeng
Tidak adanya kegiatan pelatihan terkati dengan metode mendongeng
Metode Dongeng
Setelah analisis kebutuhan dirumuskan, maka pengurus KKG memantapkan program prioritas selama satu tahun. Program jangka pendek ini secara matang dipresentasikan di depan pengurus Gugus untuk mendapatkan perhatian dan dukungan penuh.
Sebab, menjalankan program dan kegiatan KKG haruslah sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS).
Contoh program (KKG) yang dapat dicanangkan adalah sebagai berikut.
1. Program Jangka Panjang (5 Tahun)
a. Program Rutin
Diskusi permasalahan pembelajaran.
Penyusunan program tahunan.
Penyusunan program semester.
Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Pembuatan alat peraga.
Penyusunan Perangkat Pembelajaran (RPP, SILABUS, KKM, Pemetaan SK/KD)
Membahas berbagai metode pembelajaran.
Penyusunan kisi-kisi soal semester.
Penyusunan soal-soal try out Ujian Nasional.
Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional.
Mengadakan studi banding ke sekolah-sekolah yang berprestasi.
Pembinaan oleh Pengawas dan Pengurus Gugus
Program Pengembangan
Pelatihan penetapan perhitungan angka kredit.
Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah.
Diseminasi hasil penelitian
Peer coaching (Pelatihan bersama guru menggunakan media ICT)
Lesson study (Kerjasama antar guru untuk memecahkan masalah pembelajaran)
Publikasi ilmiah (jurnal ilimiah dan buku karya)
2. Rincian Program Jangka pendek (1 tahun)
Program Rutin
Perumusan Program Gugus
Persiapan Ujian Sekolah
Persiapan Penilaian Akhir Tahun
Penyusunan perangkat pembelajaran
Reviu dan Analisis Program
Program Pengembangan
Peningkatan Kompetensi Guru (Literasi dan Numerasi)
Pengembangan karya inovatif pembelajaran (PKB)
PKB : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Diseminasi Karya Inovatif Pembelajaran (PKB)
Pengembangan Kompetensi Guru Berkarya
Metode Dongeng/ Bercerita
Nah, sekali lagi, bahwa pengurus KKG harus menentukan program riil dan prioritas selama satu tahun agar mencapai tujuan yang maksimal. Contoh Rencana Program dan Kegiatan KKG dalam satu tahun adalah sebagai berikut.
NO
Jenis Kegiatan
Waktu
Materi kegiatan
Pelaksana
Sasaran
1.
Merumuskan Program Gugus
Februari
Pembuatan program gugus
Ketua Gugus
Pengurus harian KKG
Pengurus gugus
2.
Persiapan Ujian Sekolah
Maret
Pembuatan Naskah Ujian Praktik Seluruh MAPEL
Persiapan menghadapi ujian sekolah
Koordinator kelas tinggi
Guru kelas VI
3.
Peningkatan Kompetensi guru
April
Literasi dan Numerasi
Koordinator kelas rendah
Guru kelas rendah
4.
Persiapan Penilaian Akhir Tahun
Mei
Penyusunan kisi-kisi soal PAT
Penyusunan Instrumen Penilaian
Koordiantor kelas
Guru Kelas dan Guru Mapel
5.
Pengembangan karya inovatif pembelajaran (PKB)
13 Juni
Workshop pembuatan alat peraga sederhana
Penyusunan laporan karya ilmiah inovasi pembelajaran
Koordinator kelas tinggi
Guru kelas tinggi
6.
Penyusunan perangkat pembelajaran
Juli
Workshop penyusunan perangkat pembelajaran
Koordinator kelas
Guru kelas
7.
PKB : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Agustus
Wokshop Penyusunan laporan PTK
Koordinator kelas
Guru kelas
Guru Mapel
8.
Diseminasi Karya Inovatif Pembelajaran (PKB)
September
Seminar Publikasi Ilmiah Karya Inovatif Pembelajaran
Koordinator kelas tinggi
Guru kelas tinggi
9.
Pengembangan guru berkarya
Oktober
Menulis artikel ilmiah
Publikasi Ilmiah
Koordinator kelas
Guru kelas
Guru Mapel
10.
Metode Dongeng/ Bercerita
November
Workshop Mendongeng
Koordinator kelas rendah
Guru kelas rendah
11.
Reviu dan Analisis Program
Desember
Reviu Program satu tahun
Analisis Program tahun berikutnya
Pengurus KKG
Pengurus KKG
Seluruh orogram yangbakan dilaksanakan harus mendapat persetujuan dari pengurus gugus. Oleh karena itu, pengurus KKG mengajukan proposal setiap kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk untuk mendapatkan dukungan dana kegiatan.
Sinergi pengurus KKG dengan pengurus Gugus yang terdiri dari beberapa kepala sekolah yang menjadi sasaran KKG menjadi penting. Sebab, keduanya dapat menghidupkan program dan kegiatan yang dicanangkan bersama.
Bagaimana program dan kegiatan KKG di tempat pembaca?


Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Wah mantabbb
Mohon bimbingannya pak..