Alexander Timbul Hamonangan Sibaran

Baik menjadi orang penting, tapi lebih penting menjadi orang baik...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bulan Juni di Pertengahan Tahun 2020

Bulan Juni di Pertengahan Tahun 2020

Tahun 2020 sudah memasuki bulannya yang ke enam tepatnya bulan Juni. Berarti sudah 3 bulan sejak di keluarkannya kebijakan pemerintah untuk memberlakukan bekerja di rumah atau yang lebih trend dengan sebutan Work From Home (WFH) bagi para pekerja baik sektor BUMN, ASN maupun TNI/POLRI dan juga sektor swasta di masa-masa pandemi COVID19 ini.

Banyak tantangan yang di hadapi ketika masa-masa ini. Terlebih bagi orang yang bekerja dengan status ASN di sektor pendidikan. Siswa juga turut di rumahkan dan melakukan pembelajaran dengan daring maupun luring, kegiatan ini lebih trend dengan sebutan Study From Home(SFH). Bersyukur bagi sekolah dan siswa yang terletak dan berdomisili di perkotaan karena masih bisa di jangkau jaringan internet. Sekolah masih dapat melakukan pembelajaran semestinya. Guru dapat membelajarkan siswa dengan fasiltas internet, memberi materi pembelajaran dan tugas-tugas yang harus dikerjakan melalui berbagai aplikasi pembelajaran daring. Kalau melihat aplikasi-aplikasi pembelajaran untuk daring, kita bisa mencoba beberapa diantaranya: Google Classroom, Zoom, Skype, padlet, Quizis dan lain sebagainya.

Setiap aplikasi pasti ada kelebihan dan kekurangan, tapi itu sudah lebih dari cukup untuk melaksanakan pembelajaran di saat pandemi COVID19. Walaupun hasilnya tidak maksimal tapi inilah yang bisa diperbuat untuk mengisi pembelajaran.

Di bulan Juni ini juga guru-guru melalui sekolah sudah akan melakukan evaluasi kepada peserta didiknya melalui Penilaian Akhir Tahun(PAT). Mau tidak mau dan siap tidak siap beberapa sekolah melakukan evaluasi dengan daring. Walaupun secara lisan Penilaian Akhir Tahun dan menurut Permendikbud bahwa Evaluasi siswa bisa dengan menggunakan nilai semester sebelumnya dan/atau bisa menggunakan nilai ulangan harian plus nilai tugas yang sudah dilakukan sebelum dan disaat pandemi COVID19 terjadi, serta tidak terlalu mengedepankan nilai angka tapi mengedepankan nilai sikap dalam menyikapi pandemi ini.

Di masa pandemi ini juga pemerintah melakukan kebijakan membatalkan kegiatan pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMP dan SMA/sederajat dan USBN untuk tingkat SD/sederajat. Sehingga untuk tahun ini banyak mengidentikkan kelulusan siswa adalah "Generasi Corona" karena lulus dengan sendirinya tanpa ada evaluasi tahap akhir.

Entah sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Banyak ahli ramal bermunculan dan banyak juga komentator di tengah pandemi ini. Di saat pemerintah berjuang untuk meredakan pandemi ini dengan menerapkan stay at home sebagai pemutus mata rantai Covid-19 ini dengan kebijakan PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) muncul permasalahan sosial. Dimana masyarakat yang di berlakukan PSBB sudah mulai putus asa karena kegiatan ekonomi untuk menghidupi diri dan keluarganya terbatas. Bahkan kegiatan PSBB mengakibatkan masyarakat yang bekerja di rumahkan dan bahkan ada yang sampai PHK(Pemutusan Hubungan Kerja. Pemerintah sudah mengerahkan segala daya upaya untuk itu dengan menjalankan bantuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat yang terdampak sosial.

Tapi yang harus kita yakini dari pandemi ini adalah pasti akan ada mentari di saat hujan reda. Janji Tuhan Sang Pencipta Alam dan Isi nya bisa meredakan kepanikan kita. Berseru memanggil NamaNya dengan mendekatkan diri KepadaNya. Karena Tuhan Sang Pencipta hanya sejauh doa yang kita panjatnya.

Selamat memasuki bulan Juni. Kita sudah berada di tengah tahun 2020. Semoga bulan ini penuh berkah bagi kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post