Alexander Timbul Hamonangan Sibaran

Baik menjadi orang penting, tapi lebih penting menjadi orang baik...

Selengkapnya
Navigasi Web
Secercah Harapan Di Pagi Hari

Secercah Harapan Di Pagi Hari

Semilir angin di pagi hari dan sejuk nya udara pagi memulai aktifitas di hari ini. Walaupun program pemerintah WFH(Work From Home) tidak menyurutkan ku untuk mengerjakan pekerjaan yang dapat di kerjakan hari ini.

Membersihkan pekarangan rumah sampai memanfaatkan sisa tanah untuk bertanam-tanaman. Sudah 6 Minggu kegiatan ini ku lakoni untuk mengusir kebosanan. Bertanam cabe dan sayur-sayuran yang dapat di manfaatkan tanpa harus membeli ke pasar. Sambil tidak lupa juga fokus ke pekerjaan utama saya yang berprofesi seorang guru.

Dengan memanfaatkan fasilitas daring, ku dapat membelajarkan siswa ditengah-tengah pandemi Covid-19 atau wabah virus Corona. Media sosial yang ku pakai untuk KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar adalah Google Classroom, Zoom Cloud Meeting, WAG(Whatapp Group). Sementara untuk pengumpulan tugas dan pelaksanaan ulangan harian dengan menggunakan Google Drive. Memang kalau dipikir tidak terlalu efektif karena tidak semua siswa dapat melakoni kegiatan belajar daring ini. Terutama bagi siswa ku yang berdomisili di daerah gunung yang kebetulan daerah tempatku sekarang ini geografisnya ada berkontur gunung. Di daerah tersebut untuk berkomunikasi masih agak sulit dikarenakan sinyal jaringan seluler masih belum kuat. Untuk mendapatkan sinyal mereka harus menempuh jarak 5 sampai 10 Km turun kebawah.

Mau tidak mau siswa tersebut harus terlambat mengumpulkan tugas ke guru. Tapi itu tidaklah yang utama. Keutamaannya adalah walaupun siswa tersebut terlambat mengumpul tugas tapi mereka masih punya keinginan untuk belajar. Tidak perlu terlalu fokus menilai anak dengan angka rentang 0 sampai 100. Tapi dari sikap kita bisa melihat anak apa adanya. Penilai angka terhadap siswa kita bisa kita lakukan dengan mempertimbangkan perasaan empati terutama ketika saat ini kita dilanda pandemi Covid-19.

Dana pendidikan yang bersumber dari BOS(Bantuan Operasional Sekolah) bisa digunakan untuk pembelajaran daring. Siswa dan guru mendapatkan fasilitas bantuan untuk pembelian paket dana untuk KBM daring. Inilah yang bisa dilakukan untuk mengisi KBM di saat ini.

Semoga badai ini segera berlalu dan Guru serta siswa dapat kembali ke sekolah bertatap muka dan melaksanakan KBM seperti sediakala.

Ketika ku menuliskan ini pagi sudah beranjak dan siang pun sudah masuk. Sejuknya pagi telah menggantikan hangatnya siang hari. Sehangat ku menanti janji Tuhan indah pada waktunya. Kita tidak pernah diberikan cobaan yang tidak melebihi kemampuan kita. Sehat badan, sehat jiwa untuk menatap bahwa badai pasti belalu.

#stayathome

#workfromhome

#studifromhome

#badaipastiberlalu

Barabai, 4 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post