Alfauzan, S.Ag, MM

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jadilah Seorang Yang Mampu Menginspirasi

Jadilah Seorang Yang Mampu Menginspirasi

Mengispirasi berarti menimbulkan inspirasi, mengilhami (KBBI ), dengan demikian menginspirasi berarti sebuah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi, mengilhami serta membuat orang lain tergugah hati dan jiwanya untuk berbuat sesuatu yang mendatangkan manfaat serta berguna bagi yang melihat merasakan pengalaman seseorang yang menginspirasinya.

Orang yang mampu menginspirasi orang lain, dipastikan mempunyai dan memilki kekuatan ekstra pada dirinya, maka ketika dia mampu mengilhami cara pandang pola fikir serta tata cara bersikap seseorang maka sesungguhnya ia adalah seorang ispirator ulung dan tangguh, karena tidak mudah merubah seorang secara signifikan jika tidak memiliki sesuatu yang hebat dalam dirinya.

Seorang ahli mengatakan bahwa orang seperti Martin Luther King yang berhasil mempengaruhi kaum kulit hitam maupun putih mengenai persamaan hak, mempunyai obsesi yang tidak pernah lepas dari dirinya. Obsesi ini sudah melalui penolakan orang, keraguan, bahkan tidak jarang menyebabkan individu dipenjara. Buah pikiran yang dibawa ke mana-mana dan mengalami cobaan kiri kanan ini akan dengan sendirinya menjadi kuat, keras, besar, bergreget bahkan mulia, karena mewarnai seluruh kehidupan pribadi dan pembicaraan-pembicaraan serta sharing kita dalam pergaulan.

Orang yang mampu menginspirasi orang lain, mampu memberikan gambaran mengenai masa depan yang lebih baik, positif, dan cerah, sehingga akan mengalami perubahan tentang bagaimana seseorang mau dan mampu mengubah pandangannya tentang masa depannya

Dalam pengembangan kepercayaan diri setiap individu, walaupun individu yang mengalami trauma seberat apapun, orang yang inspiratif sealalu memiliki cara dan optimisme yang kuat untuk mengajak masyarakat agar menyadari kenyataan, membuka mata lebar-lebar, sekaligus memberi alasan-alasan yang bisa diterima agar tetap optimis, penuh keyakinan untuk terus bertransformasi ke arah yang lebih baik.

Maka sebelum menginspirasi orang lain pastikan diri sang inspirator telah mengalami lompatan perubahan dalam dirinya melalu berbagai ujian dan suka duka meraih keberhasilan yang dia dapat dari perjuangan, kerja kerasnya, serta semangat pantang menyerahnya, karena kita tidak mungkin berhasil menginspirasi orang lain bila apa yang kita katakan tidak tercermin dalam kehidupan pribadi kita.

Seorang ahli mengatakan: *If you really want to inspire others to do something then this ‘something’ should be a big part of your life*

maknanya adalah bahwa :

*Ketika ingin mengspirasi orang lain berbuatlah sesuatu, dan sesuatu itu harus menjadi bagian yang besar *pengaruhnya*dalam hidupmu*

Dalam kehidupan kerja, bermasyarakat dan berbangsa, yang tidak pernah lepas dari berbagai tantangan dan masalah, jelas kita butuh orang yang bisa menginspirasi untuk melakukan perubahan dan mengambil tindakan nyata. kqrena sesungguhnya setiap individu sebetulnya bisa menjadi orang yang menginspirasi, tidak perlu menunggu punya jabatan, jadi pimpinan ataupun menunggu tua dulu.

Anak-anak muda yang baru lulus kuliah dan mengikuti program “Indonesia Mengajar”, terbukti mampu menginspirasi tidak hanya adik didik, namun guru serta orang-orang di daerah penempatannya untuk lebih maju. Gerakan mereka pun senantiasa membuat kita terharu dan memaksa kita memikirkan kontribusi yang bisa kita berikan untuk kemajuan bangsa.

Cobalah kita kembali mengingat mungkin kita masih memiliki seorang ibu yang dengan serba keterbatasan kondisinya, pendidikannya, seorang ibu rumah tangga biasa, namun berhasil menanamkan nilai-nilai serta pesan-pesan yang sangat inspiratif, kuat dan imajinatif tentang bagaimana kita menghadapi kehidupan yang serba terbatas dari segala hal tersebut berhasil menancapkan prinsip-prinsip penting dalam kehidupan putra-putrinya demi meraih kesuksesan di masa depan.

Demikian juga halnya dengan kita hari ini yang telah menjadi orang tua juga bagi anak-anak kita, menjadi saudara, karyawan, dan mungkin sebagai pimpinan di lingkungan tempat tugas kita, pernahkah kita berpikir bagaimana kita bisa berguna bagi orang lain dan memberi inspirasi bagi orang lain, atau belum sama sekali.

Untuk bisa menginspirasi, hal pertama yang perlu kita pastikan pada diri sendiri adalah apakah diri kita terinspirasi oleh pemikiran kita sendiri, atau orang lain, karena banyak orang lebih sibuk melihat keluar sampai tidak pernah memikirkan apakah ia sendiri mempunyai greget terhadap satu prinsip kehidupannya, bagaimana visi dan misinya tentang kehidupan yang akan dijalani, atau bahkan sama sekali belum memikirkan hal itu,

Contoh penting tentang sikap kita dalam menjalani kehidupan, apakah kita bisa berkomitmen untuk hidup sehat seperti apa, bagaimana menjalankannya dengan serius dan apakah kita mampu atau tidak mempengaruhi orang di sekitar, memberi informasi, menolong orang lain melalui apa yang kita yakini, sehingga akhirnya buah pikiran kita itu benar-benar mewarnai diri kita dan orang lain.

Hanya dengan sikap hidup dan prinsip yang keras kita bisa menarik kesimpulan dan memperdalam keyakinan kita. bahwa Hidup dengan prinsip itu menyebabkan kita memiliki pengalaman seputar prinsip tersebut, sehingga kita bisa bercerita mengenai hal-hal yang menarik dan bisa dipegang oleh orang di sekitar kita.

Setiap orang perlu berstrategi bagaimana memberi input kepada orang di sekitarnya, sambil juga siap menerima masukan, komentar, dan pemikiran mengenai prinsip yang dikumandangkan agar kehidupan kita semakin hari semakin bermakna serta mampu menginspirasi diri sendiri, keluarga dan orang lain yang sedang mencari bentuk tentang bagaimana berkehidupan yang nspiratif, produktif serta bermanfaat bagi semua orang.

Terimakasih semoga bermanfaat bagi kita semua aamiin......

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

13 Jan
Balas



search

New Post