Alfauzan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kekuatan Seseorang Terletak Pada Keiklasan dan Tujuannya

Kekuatan Seseorang Terletak Pada Keiklasan dan Tujuannya

Suatu hari seseorang bertanya kepada Al-Imam Hasan Al-Basri tentang perjuangan yang paling berat. Maka beliau menjawab,

*"Berjuang melawan nafsumu sendiri."*

Seandainya melawan nafsu itu sesuatu yang mudah, tentulah semua orang telah menggapai cita-citanya. Karena yang paling menghambat kita bergerak mendekati tujuan hidup kita masing-masing adalah nafsu yang dituruti.

Nafsu ingin agar kita bersantai-santai dan bermalas malas, Padahal kesuksesan itu diraih dengan perjuangan, doa serta bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas.

Nafsu ingin agar kita menunda-nunda, padahal keberhasilan itu ada pada orang yang bertindak segera, cekatan, terampil, bertanggungjawab dan mau menerima perubahan dengan ikhlas ke arah yang lebih baik.

Nafsu ingin agar kita menyerah, padahal kemenangan itu bukan kebetulan. Melainkan proses dari jatuh, bangun, dan mencoba lagi bangkit dan mau kembali mencoba sehingga meraih hasil yang diharapkan.

Nafsu selalu tampak menyenangkan dan menggoda untuk kita turuti, ketika kita terjebak oleh arus nafsu yang tidak terkendali dipastikan kita akan menemui kegagalan yang menyesakan hati.

Ketahuilah bahwa melawan dan mengendalikan nafsu adalah perjuangan terberat bagi semua semua manusia yang kurang dalam ilmu dan iman, karena yang namanya nafsu pantang baginya kerendahan dalam menghadapi kehidupan di dunia ini.

Hanya manusia yang gigih, beriman yang teguh, memiliki keilmuan yang mendalam serta memiliki keyakinan akan kebesaran Allah Swt yang akan mampu melawan nafsu.

Karena melawan nafsu itu, seumpama ikan yang sedang berenang melawan arus. Seandainya kita sebagai manusia tidak punya tujuan hidup, tidak punya pegangan dan sandaran yang kuat dalam hidup, tidak mempunyai dasar dan keyakinan terhadap kebesaran Allah Swt dengan kuat dan jelas, tentu kita juga tidak akan memiliki energi yang kuat untuk melawan arus tersebut.

Seperti yang dilontarkan orang-orang barat, *You are only as strong as your purpose.*

"engkau hanya akan menjadi sekuat tujuanmu."

Untuk itu curilah semangat yang Allah ilhamkan kepada mahluk kecil bernama ikan salmon. Karena ikan ini ketika tiba musim bertelur, mereka memiliki tujuan yang kuat agar telur-telur itu tersimpan di tempat yang paling aman.

Banyak predator yang mengincar telur tersebut di tengah-tengah sungai, maka mereka akan berjuang dengan kuat untuk berenang ke belakang melawan arus menuju titik hulu, yaitu titik awal dari sungai tersebut.

Bahkan ketika dihambat dengan air terjun yang terdapat pada aliran sungai tersebut, ikan salmon akan melompat-lompat ke atas sekuat tenaga melawan arus air terjun. *Mereka benar-benar menjadi sekuat tujuan mereka sendiri! Allahu Akbar!*

Oleh karena itu, temukanlah cita-cita yang jelas. Milikilah tujuan hidup yang kuat. Tetaplah beriktiar dengan ikhlas Karena berjuang melawan nafsu itu tidak mudah!

Teruslah melakukan lompatan perubahan demi perubahan dengan terus menjagansemangat dan ikhlas dalam mencapai tujuan yang hendak dicapai, Sekaranglah waktunya untuk bangun bagi yang

*_masih berselimut malas_*,

*_masih berselimut keraguan_*

*_masih berselimut pesimis_*

*_masih berselimut taqlid buta_* dan

*_yang masih berselimut kegelapan pikiran_*

*Untuk*

*Bangkit dan berubah dari tidur panjang. dengan memulai berusaha, berkarya dan berbuat agar perubahan itu dapat terwujud dengan nyata.*

Semoga bermanfaat bagi kita dan hendaknya Allah Swt. menerima semua amal ibadah kita aamiin....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

25 Feb
Balas



search

New Post