Alfauzan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Guru Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang

Tantangan Guru Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang

Dinamika yang mengiringi perjalanan seorang guru sejak dahulu, hari ini dan juga tantangan masa yang akan datang, pastilah tidak akan pernah selesai, karena guru adalah profesi yang semua orang pasti bersentuhan dengan yang namanya guru itu

Profesi sebagai guru luar biasa dan sangatlah mulia, besar kontribusi serta jasanya bagi peradaban umat manusia dan kemanusiaan itu sendiri, karena pastilah semua orang hari ini yang tengah berada pada strata seperti apapun itu semua berkat jasanya para guru.

Fenomena keguruan juga telah hadir bersamaan hadirnya dengan kehidupan umat manusia sejak dari dahulu, karena kehidupan itu sesungguhnya adalah guru yang mesti terus menjadi perhatian untuk dijadikan pedoman serta pengalaman dalam menjalani proses kehidupan sampai kapanpun.

Berbagai dinamika yang mengiringi perjalanan hidup tentang guru selalu ada berbagai cerita suka dukanya, karena guru adalah profesi yang semua orang pasti bersentuhan dengannya, maka tidaklah mengherankan ada berbagai macam peristiwa pasang surut kehidupan guru tersebut.

Guru pada zaman dahulu jamak kita dengar dan baca dalam sejarah perjalanan kehidupannya adalah orang yang sangat dihormati bahkan "ditakuti" entah itu karena wibawanya yang sangat kuat atau kharisma personalitinya yang melekat padanya atau karena kemampuannya dalam menghadirkan berbagai kejutan selama proses interaksi dengan para siswanya.

Penampilan para guru zaman dahulu bahkan ada yang terkesan sangat ditakuti karena kharisma serta ketokohannya yang begitu kuat dan paripurna dimata sang murid, sehingga semua yang pernah bersentuhan dengannya pasti akan menimbulkan "stiqma" bahwa guru itu adalah sangat luar biasa wibawanya.

Hadirnya sosok guru yang kharismanya luar biasa itu kadang menjadi cerita bersambung sampai hari ini bagi kalangan guru masa kini, karena begitu terkesan dan terkenalnya sosok sang guru karena kharismanya yang luar biasa tersebut.

Maka jangan heran hasil didikan para guru masa lalu itu telah melahirkan anak-anak hebat dan berbakat yang luar biasa, sehingga hari ini kita menyaksikan mereka semua yang dididik oleh guru tempo dulu sedang berada di berbagai panggung kehidupan, ada yang di birokrasi ada yang di legislatif ada yang di yudikatif dan ada yang menjadi petinggi TNI dan Polri, menjadi ulama besar serta semua posisi penting di berbagai perusahaan baik di dalam maupun luar negeri dan profesi lainnya.

Kadang kita juga mendengar kalimat indah yang kalau kita jujur mengakui bahwa benar adanya tidak ada satupun orang-orang hebat hari ini diposisi apapun dan dimanapun mereka berada pasti belajar atau dididik oleh guru.

Guru sesungguhnya adalah bagaikan pelita yang terus menerangi, menghiasi dan menginspirasi semua orang yang pernah bersamanya dari dahulu kala, hari ini sampai nanti sehingga mereka mampu bertransformasi menjadi orang-orang hebat, wangi dan terkenal bersamaan dengan perjalanan waktu dalam kehidupan hari ini.

Cerita tentang guru tidak akan pernah habisnya dan berhenti kecuali kehidupan ini telah berakhir maka dapat dipastikan barulah berakhir tentang cerita tentang guru, karena guru itu begitu luar biasa posisinya, maka sesungguhnya nikmatilah, berbahagialah wahai para anak manusia yang sekarang berprofesi sebagai guru.

Satu hal catatan penting yang harus jujur kita akui para guru masa lalu jauh lebih dihormati itu tidak terlepas dari sejarah panjang perjuangan bangsa ini, karena ketika dulu spirit untuk merdeka dari penjajah dipastikan terus memacu dan memicu ledakan semangat untuk keluar dari kondisi keterbelakangan dan kebodohan, dan disana ada peran guru itu sangat sentral dan dominan dalam melakukan transpormasi di berbagai bidang kehidupan, sehingga sosok guru dahulu itu benar-benar menjadi idola dan menjadi harapan untuk perubahan kehidupan

Namun demikian bagaimanakah dengan kondisi guru kita hari ini baik secara personal maupun secara kemampuan, kecakapannya seiring berjalan dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnology ?

Secara kasat mata kita bisa melihat dan menyaksikan bahwa kondisi dan.prestasi guru hari ini sesungguhnya banyak yang sangat luar biasa pencapaianya, baik prestasi pribadinya maupun prestasi anak didiknya, namun demikian kita juga harus jujur mengakui masih banyak juga guru-guru kita hari ini yang terjebak pada zona nyaman, sehingga tidak sebanding hasil yang diharapkan dengan apa yang telah diberikan pemerintah secara materi serta apa yang diinginkan

Namun demikian untuk menjawabnya tentu harus kita lakukan penelitian secara jujur dan ilmiah, agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara akademik, dan dapat menjadi bahan kajian secara lebih mendalam untuk pedoman dalam melakukan evaluasi untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Kenapa hal ini kita coba sampaikan tentu ada gunanya bagi kita, ketahuilah zaman terus mengalami perubahan demi perubahan seiring berjalannya waktu, bagaimana kondisi guru hari ini, tentu kita bisa mencermati dan mengambil perbandingan dengan kondisi guru masa lalu untuk kebaikan guru di masa yang akan datang.

Di samping itu satu hal yang sangat penting dan mempengaruhi kualitas guru adalah Kebijakan pemerintah pada sautu negara tentulah akan mempengaruhi semua tatanan kehidupan suatu bangsa, demikian juga halnya dengan existensi guru masa kini, karena berbagai program dan regulasi yang mengatur tentu akan menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman dan masanya.

Kita harus akui kebijakan politik pemerintah tentang pendidikan telah mengalami perubahan antara masa lalu dan masa sekarang. hal ini dimungkinkan terjadi karena hari ini polarisasi tentang fenomena guru juga telah mengalami perubahan yang cukup signifikan, guru hari ini dituntut untuk memperhatikan aspek sikap serta psikomotorik serta harus mengutamakan partisipasi aktif siswa

Kenapa aspek sikap yang harus ditonjolkan, karena kita juga harus mengakui dengan jujur bahwa kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah menggeser bahkan kadang menggusur tatanan nilai di semua sektor kehidupan.

Begitu juga halnya dunia sekolah yang sedang mendidik anak-anak yang sedang mencari jati dirinya pastilah akan menghadapi tantangan tersendiri dalam memainkan perannya baik sebagai tempat pembelajran, tempat melakukan transpormasi nilai serta sebagai tempat berlangsungnya proses pemberian keterampilan sebagai modal kecakapannya dalam menghadapi kehidupan masa yang akan datang.

Saratnya muatan dan tebalnya tantangan yang harus dihadapi tentu akan menghadirkan berbagai dinamika yang kadangkala baik siswa maupun guru gugup menyesuaikan dengan terjadinya berbagai fenomena alamiyah yang terjadi di dunia pendidikan sekarang, karena berbagai.lompatan perubahan lebih cepat dari apa yang dipikirkan, sehingga membuat semua yang menyaksikan juga dibuat kaget.

Perkembangan dunia pendidikan akan terus mengalami perubahan demi perubahan yang tentu memaksa kita juga harus melakukan penyesuaian, agar bisa setidaknya menghidupkan memori kita bagaimana kondisi guru kita masa lalu, karena antara profesionalitas dan kharisma pastilah saling bergayutan, jika seorang guru yang perofesional pasti melahirkan kharisma yang luar biasa bagi dirinya, sebaliknya mengandalkan kharisma saja tanpa memiliki profesionalitas yang mumpuni di bidangnya dipastikan terjadi kehampaan yang semu, karena seorang guru harus memiliki dua hal ini, jika ingin menjadi guru yang didambakan

Bagaiamana harapan kita terkait guru masa depan, hari ini harus dipastikan semua guru harus menyadari tantangan yang akan dihadapi untuk masa depan, karena ilmu dan budaya terus berkembang maka sebagai guru yang berada di garis terdepan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, tentunya kita guru terlebih dahulu yang harus menyiapkan kecerdasan dan profesionalitas pada diri kita masing-masing.

Ketika guru masih berpola pikir seperti saat sekarang ini, yang serba tanggung,maka dapat dipastikan akan menimbulkan kegalauan dan ketidak percayaan terhadap dirinya sendiri, sikap semacam ini pasti akan membahayakan bagi sang guru karena lompatan perubahan untuk mengikuti kemajuan zaman pasti akan menggerogoti segenap jiwanya, yang akan berakibat terhadap hilangnya ghirah dan wibawanya sebagai seorang yang patut ditiru dan digugu dari segala aspek

Semoga semua para guru-guru kita tetap menjaga semangat untuk terus mengepakkan sayapnya untuk terus maju dan berkembang meningkatkan profesionalitasnya demi menyambut perubahan dan kemajuan iptek di masa yang akan datang Salam tangguh bagi kita semua para guru

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

16 Dec
Balas



search

New Post